3 Pencetak Gol Terbanyak dari Tendangan Bebas di Serie A

Oleh Liputan6.com pada 22 Mar 2018, 20:06 WIB
img_del_piero-4.jpg

Jakarta Tendangan bebas merupakan salah satu momen yang paling mendebarkan dalam pertandingan sepak bola. Meskipun peluang untuk menjadi gol tidak sebesar penalti, tendangan bebas memiliki kelebihan tersendiri.

Sebab, dari tendangan bebas, gol-gol indah dan tak diduga bisa tercipta.

Namun, tak semua pemain bisa mengeksekusi tendangan bebas dengan baik. Hanya pemain-pemain tertentu saja yang bisa melakukannya. Pemain itu biasanya memiliki skil dan teknik di atas rata-rata.

Di Liga Serie A Italia, pemain yang memiliki kemampuan mengeksekusi tendangan bebas cukup banyak. Dari dulu hingga sekarang, keberadaan mereka seakan tak pernah surut.

Akan tetapi, tidak semua dari mereka lantas bisa sering mencetak gol dari tendangan bebas. Sepanjang sejarah, hanya ada segelintir pemain saja yang mampu membukukan banyak gol melalui tendangan bebas sepanjang kariernya di Serie A.

Berikut tiga top scorer tendangan bebas di Serie A yang telah dirangkum Liputan6.com.

2 of 4

1. Sinisa Mihajlovic (28 gol)

Sinisa Mihajlovic
Sinisa Mihajlovic. (GIUSEPPE CACACE / AFP)

Sinisa Mihajlovic dulu merupakan seorang center-back. Namun, skil olah bolanya, serta kemampuannya dalam mengeksekusi bola mati, patut disejajarkan dengan pemain-pemain yang biasanya bermain sebagai penyerang atau gelandang serang.

Sepanjang kariernya di Serie A, Mihajlovic suskes mencetak 28 gol melalui tendangan bebas dalam 315 penampilan. Jumlah itu menempatkannya di urutan pertama daftar top scorer tendangan bebas di Serie A hingga hari ini.

Sementara secara keseluruhan, pria yang kini telah berusia 49 tahun itu mencetak 38 gol dan 6 assist. Artinya, hanya sepuluh gol yang tidak ia ciptakan lewat tendangan bebas.

Meski berstatus warga negara Yugoslavia (sekarang Serbia), Mihajlovic menghabiskan hampir seluruh kariernya di Serie A Italia. Dia pernah membela Sampdoria, AS Roma, SS Lazio, dan Inter Milan.

3 of 4

2. Andrea Pirlo (28 gol)

6 Pemain Inter Milan yang Sukses Berkarir di AC Milan
Andrea Pirlo (AFP/Giuseppe Cacace)

Mihajlovic tidak sendirian sebagai top scorer tendangan bebas di Serie A. Ia didampingi gelandang legendaris AC Milan dan Juventus, Andrea Pirlo, yang juga membukukan 28 gol melalui tendangan bebas.

Pirlo tercatat tampil dalam 493 pertandingan selama 15 tahun berkarier di Serie A. Secara keseluruhan, ia mencetak 58 gol serta 64 assist selama kurun waktu tersebut.

Catatan itu menunjukkan bahwa pria 37 tahun itu memang lebih kerap mencetak gol lewat tendangan bebas ketimbang dengan cara yang lain. Kelebihan Pirlo dibanding jago tendangan bebas lainnya adalah ia sering berhasil mencetak gol dari jarak jauh.

Dalam buku autobiografinya yang berjudul I Think Therefore I Play, Pirlo mengungkapkan bahwa dirinya terinspirasi dan belajar banyak dari legenda Brasil dan Olympique Lyon, Juninho Purnambucano.

4 of 4

3. Del Piero (22 gol)

Alessandro Del Piero
Alessandro Del Piero (AFP/Olivier Morin)

Penyerang legendaris Juventus, Alessandro Del Piero berada di urutan ketiga daftar ini. Dari total 188 gol yang ia cetak dalam 478 penampilan di Serie A, 22 di antaranya lahir melalui tendangan bebas.

Sampai sekarang, Del Piero dianggap masih yang terbaik dalam sejarah Juventus untuk urusan tendangan bebas. Itu karena Pirlo hanya bermain empat musim untuk I Bianconeri.

Saat ini, Juventus memiliki Paulo Dybala yang disebut-sebut bakal mampu menyaingi Del Piero. Penyerang Argentina itu saat ini juga mewarisi nomor 10 yang pernah dipakai sang legenda.

“Siapa yang lebih baik dalam mengeksekusi tendangan bebas? Anda mau saya bilang apa? Di masa saya, saya melakukannya. Paulo punya banyak waktu untuk melewati saya. Saya akui dia juga melakukannya dengan baik. Saya doakan yang terbaik untuknya,” kata Del Piero. (Abul Muamar)

 

Sumber: www.liputan6.com

Lanjutkan Membaca ↓