Penyerang Timnas Inggris Beri Saran untuk Penggunaan VAR

Oleh Tyo Harsono pada 29 Mar 2018, 15:50 WIB
Inggris, Italia, La Uji Coba

Bola.com, London - Penyerang timnas Inggris, Jamie Vardy, memberikan saran untuk penggunaan teknologi Video Assistant Referee (VAR). Vardy menyarankan penggunaan VAR ditampilkan pada layar besar di stadion.

Timnas Inggris menjadi korban VAR ketika bermain 1-1 kontra timnas Italia, Selasa (27/3/2018). Saat itu, The Three Lions kebobolan lewat eksekusi penalti setelah wasit Deniz Aytekin melihat rekaman VAR.

Menurut Vardy, kontroversi soal VAR timbul karena pemain dan orang-orang yang hadir di stadion tidak melihat tayangan tersebut. Menurutnya, para pemain dan fans menjadi pihak yang dirugikan.

"Tidak bisa melihat langsung tayangan ulang adalah hal terburuk untuk para pemain dan fans. Saat ini, di layar besar stadion hanya terdapat tulisan 'VAR sedang digunakan'. Anda hanya berdiri tanpa tahu apa yang sedang terjadi," ujar Vardy.

"Tidak hanya para pemain, fans yang hadir juga hanya bisa menunggu keputusan wasit. Saya berharap bisa seperti olahraga lain di mana hasil tayangan ulang disiarkan di layar besar. Hal itu bisa membuat semua orang tahu apa yang terjadi," lanjutnya.

Sebelum Jamie Vardy, pelatih timnas Inggris, Gareth Southgate, telah mengecam penggunaan VAR. Southgate menganggap seharusnya wasit tidak perlu bergantung kepada VAR.

Sumber: FourFourTwo

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini