Langkah Menjanjikan Arsenal di Liga Europa

Oleh Thomas pada 06 Apr 2018, 18:36 WIB
Arsenal Libas CSKA Moscow 4-1, Peluang Semifinal Terbuka Lebar

Jakarta Arsenal sudah dipastikan tersingkir dari persaingan menuju juara Liga Inggris 2017-18. Bahkan The Gunners terancam finis di luar posisi empat besar pada musim ini. 

Hingga pekan 31, pasukan Arsene Wenger masih tertahan di urutan enam klasemen Liga Inggris. Arsenal tertinggal 13 poin dari Tottenham Hotspur yang ada di urutan empat. 

Situasi ini membuat Arsenal bakal memfokuskan diri ke Liga Europa. Di sana peluang Meriam London jadi juara sangat besar. Jika jadi juara, Arsenal juga bakal mendapat tiket ke Liga Champions musim depan.

Jalan Arsenal menjadi juara cukup terbuka. Mereka berhasil menang 4-1 atas CSKA Moskow di leg pertama babak perempat final, Jumat (6/4/2018) pagi WIB.

Gelandang Aaron Ramsey dan penyerang Alexandre Lacazette jadi bintang kemenangan Arsenal. Keduanya sama-sama membukukan dua gol ke gawang CSKA.

Kemenangan 4-1 membuat Arsenal di atas kertas akan lolos ke semifinal. CSKA wajib menang tiga gol tanpa balas ketika ganti menjamu Arsenal di Rusia.

2 of 3

Wenger

Arsenal Libas CSKA Moscow 4-1, Peluang Semifinal Terbuka Lebar
Pemain tengah CSKA Moscow, Aleksandr Golovin melakukan tendangan bebas yang akhirnya membuahkan gol saat melawan Arsenal pada pertandingan Liga Eropa di stadion Emirates, London (5/4). (AFP Photo / Ian Kington)

Manajer Arsenal Arsene Wenger sendiri tidak mau terlena. Dia meminta anak asuhnya untuk tetap membumi dan tak merasa bakal lolos ke final.

"Kami berada di perempat final. Ini jalan yang panjang. Kami belum lolos dan terlalu dini untuk membicarakan final Liga Europa," ujar Wenger.

"Kami telah banyak menderita akhir-akhir ini. Itu berarti kaki kami harus tetap di tanah, rendah hati, dan berusaha melakukan pekerjaan dengan baik," lanjutnya. 

3 of 3

Pelipur Lara

Arsenal Libas CSKA Moscow 4-1, Peluang Semifinal Terbuka Lebar
Pemain Arsenal Aaron Ramsey merayakan gol ketiga untuk timnya saat melawan CSKA Moscow pada pertandingan Liga Eropa di stadion Emirates, London (5/4). (AP Photo / Tim Ireland)

Jika melihat kub-klub tersisa di Liga Europa, Arsenal memang jadi unggulan utama. Apalagi mereka telah berhasil mendepak salah satu kandidat juara AC Milan di babak 16 besar.

Menjadi juara Liga Europa akan menyelamatkan musim Arsenal yang terbilang buruk. Mereka sudah terdepak di Piala FA dan kalah di final Piala Liga Inggris.

Trofi Liga Europa mungkin saja bakal membuat Wenger dipertahankan sebagai manajer Arsenal musim depan. Posisi pria Prancis itu mulai digoyang seiring dengan merosotnya prestasi klub yang bermarkas di Emirates Stadium itu. *

Lanjutkan Membaca ↓