3 Penyerang Spanyol Tersubur di Kompetisi Serie A Musim Ini

Oleh Liputan6.com pada 09 Apr 2018, 21:09 WIB
FOTO: Kalahkan Crotone, Napoli Kukuh di Puncak Klasemen

Jakarta Spanyol menjadi salah satu kekuatan utama sepakbola dunia dalam satu dekade terakhir. Banyak pemain tangguh lahir dari Negeri Matador. Mereka tersebar di berbagai liga top dunia, dan salah satunya adalah Liga Italia Serie A.

Di Liga Italia Serie A, saat ini ada sepuluh pemain yang berasal dari Spanyol. Jika dahulu pemain Spanyol dikenal kerap sulit beradaptasi di kompetisi tertinggi di Italia itu, berbeda halnya dengan sekarang.

Hampir semua pemain yang ada menjadi tonggak penting di timnya masing-masing di kompetisi Liga Italia Serie A.

Sebut saja Pepe Reina, yang keberadaannya sangat vital di bawah mistar gawang Napoli. Lalu ada Borja Valero, yang selalu diandalkan di lini tengah Inter Milan. Namun, jika bicara kesuburan dalam mencetak gol, tentu saja tak semua pemain bisa melakukannya.

Dari sepuluh pemain Spanyol yang merumput di Liga Italia Serie A saat ini, berikut tiga yang paling subur mencetak gol musim ini:

2 of 4

1. Luis Alberto

Luis Alberto
Striker Lazio Luis Alberto telah mencatat delapan assist di Serie A. (AFP/Marco Bertorello)

Alberto termasuk salah satu pembelian paling sukses Lazio kurun dua musim terakhir. Ia direkrut dari Liverpool dengan harga yang relatif murah pada musim panas 2016 lalu, yakni 4 juta euro.

Di musim pertamanya, 2016/2017, Alberto sempat kesulitan mendapat tempat reguler. Total, selama satu musim, pemain berusia 25 tahun itu hanya diturunkan dalam 10 pertandingan, dan hanya menyumbang satu gol dan dua assist.

Namun, musim ini ia berubah trengginas. Berkat performa gemilangnya, Alberto pun sukses menggapai mimpinya dipanggil Timnas Spanyol pada 11 November 2017 lalu. Ia langsung diberi kesempatan menjalani debut bersama La Furia Roja dalam laga persahabatan melawan Kosta Rika yang berakhir dengan kemenangan 5-0, meskipun hanya tampil selama 16 menit.

Dengan penampilan seperti ini, Alberto punya peluang besar untuk ikut rombongan Timnas Spanyol dalam Piala Dunia 2018 di Rusia Juni mendatang.

3 of 4

2. Iago Falque

FOTO: Eder Selamatkan Inter Milan dari Kekalahan Atas Torino
Gelandang Torino, Iago Falque, merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Inter Milan pada laga Serie A Italia di Stadion San Siro, Milan, Minggu (5/11/2017). Kedua klub bermain imbang 1-1. (AP/Luca Bruno)

Sejauh ini, Iago Falque merupakan pemain Spanyol dengan jumlah gol terbanyak di Serie A musim ini. Winger Torino itu telah membukukan 11 gol serta 8 assist dalam 31 pertandingan di Serie A. Jika ditambah dua gol dan dua assist yang ia kreasi di Coppa Italia, pemain 28 tahun itu telah menyumbang 13 gol dan 10 assist bagi Granata.

Falque termasuk pemain Spanyol yang sudah mengenyam banyak pengalaman. Pemain jebolan akademi Barcelona itu telah membela 11 klub di tiga liga yang berbeda. Sebelum membela Torino, ia pernah bermain untuk AS Roma, Genoa, Juventus, Bari (Italia); Tottenham Hotspurs, Southampton (Inggris); Rayo Vallecano, Almeira, dan Villareal (Spanyol). Di masa kecil, ia juga sempat belajar di akademi Real Madrid, sebelum pindah ke akademi Barcelona.

Namun, dari semua tim yang pernah ia bela, Torino adalah tempat terbaik bagi Falque. Sejak bergabung pada 2016 lalu, ia sudah mencetak 25 gol dan 18 assist untuk tim sekota Juventus itu. Di ajang Serie A, secara keseluruhan ia sudah tampil dalam 120 pertandingan, dengan catatan 38 gol dan 22 assist.

 

4 of 4

3. Jose Callejon

Torino, Inter Milan, Serie A
Striker Napoli, Jose' Callejon, melepaskan tendangan ke gawang Torino pada laga Serie A di Stadion Olimpico Grande Torino, Sabtu (16/12/2017). Napoli menang 3-1 atas Torino. (AP/Alessandro Di Marco)

Jose Callejon telah mengkreasi delapan gol untuk Napoli di Serie A musim ini. Itu menempatkannya sebagai pemain Spanyol tersubur ketiga setelah Iago Falcue dan Luis Alberto.

Jumlah tersebut sejatinya terbilang sedikit jika dibanding torehannya di musim-musim sebelumnya. Seperti musim lalu, misalnya, ia mencetak 14 gol dalam satu musim. Kendati musim ini belum berakhir, berat kemungkinan ia akan bisa menyamai torehan musim lalu, mengingat Serie A tinggal menyisakan tujuh laga.

Akan tetapi, tidak berarti Callejon jarang terlibat dalam proses tercipta gol-gol Napoli. Sebab meskipun jumlah golnya terbilang sedikit, ia tetap rajin menyuplai assist. Total ia sudah menyumbang sembilan assist bagi Dries Mertens dan kawan-kawan.

Peran Callejon sangat vital dalam starting line-up Napoli. Terbukti, ia tak pernah dicadangkan, dan hampir selalu tampil selama 90 menit dalam 31 pekan yang sudah berjalan. (Abul Muamar)

Sumber: Liputan6.com

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓