Sukses


Menghitung Peluang City dan AS Roma ke Semifinal Liga Champions

Jakarta Babak perempat final Liga Champions leg kedua akan bergulir, Selasa (10/4/2018) atau rabu dinihari WIB (11/4/2018). Empat tim akan bertarung untuk memperebutkan tiket semifinal. 

AS Roma dan Manchester City akan bertindak sebagai tuan rumah pada edisi kali.

AS Roma dan Manchester City sama-sama mengemban misi mustahil untuk merebut tiket semifinal Liga Champions. Pasalnya, kedua tim sama-sama harus mengejar agregat dua gol.

Pada leg pertama di Camp Nou, AS Roma menyerah 1-4 dari Barcelona. Roma hanya mampu mencetak gol melalui Edin Dzeko setelah Barcelona unggul lebih dulu lewat gol bunuh Daniele De Rossi dan Kostas Manolas, serta gol Gerard Pique. Barcelona kemudian menambah keunggulan lewat Lionel Messi.

Mengejar defisit tiga gol tentu tidak mudah bagi Roma. Apalagi, Lionel Messi dan kolega kembali ke performa terbaiknya usai ditahan imbang Sevilla 2-2 di Liga Spanyol pada 1 April lalu. Skuat besutan Ernesto Valverde ini menang 4-1 atas Roma dan menghajar Leganes dengan skor 3-1.

Akan tetapi, Roma memiliki memori bagus saat menjamu Barcelona di Stadion Olimpico. Pada fase penyisihan grup Liga Champions 2001/2002, wakil Italia itu menang 3-0 usai menahan imbang Barcelona 1-1 di laga tandang.

Jadi, Roma patut optimistis bahwa peluang lolos ke semifinal Liga Champions masih terbuka. Sebab, masih ada 90 menit lagi yang mesti dimainkan.

"Kami akan melakukannya. Itu mungkin akan menjadi keajaiban jika memang Anda ingin. Tetapi, mengapa kami tidak bisa mewujudkannya? Kami akan coba menghadang fenomena seperti Messi yang mencetak hattrick di akhir pekan," kata pelatih AS Roma Eusebio Di Francesco.

2 dari 2 halaman

Menang Besar

Banyak yang tidak menyangka Manchester City takluk 0-3 dari Liverpool pada leg pertama perempat final Liga Champions di Anfield, Kamis (5/4/2018) pekan lalu. Gol-gol dari Mohamed Salah, Alex Oxlade-Chamberlain, dan Sadio Mane membuat tim racikan Pep Guardiola itu pulang dengan kepala tertunduk.

Perjuangan City untuk melakoni leg kedua perempat final di Etihad Stadium semakin berat. Pasalnya, Sabtu (7/4/2018) lalu, The Citizens juga menyerah 2-3 dari Manchester United pada ajang Liga Inggris setelah unggul dua gol lebih dulu.

Namun, Guardiola tetap optimistis anak asuhnya mampu membalikkan keadaan. Sebab di Liga Inggris pada musim ini, Sergio Aguero dan kawan-kawan pernah menang 5-0 atas Liverpool di Etihad Stadium, 9 September 2017.

Hal ini yang diantisipasi Manajer Liverpool Jurgen Klopp. Karena itu, ia meminta pemainnya untuk tetap fokus dan waspada pada leg kedua nanti.

"Dalam sepak bola, selalu ada kesempatan untuk bangkit. Tak ada yang pasti. Kami harus mencoba menang dan itu menjadi target," ucapnya.

Video Populer

Foto Populer