4 Cerita Menarik pada Semifinal Liga Champions

Oleh Luthfie Febrianto pada 12 Apr 2018, 21:52 WIB
Diperbarui 14 Apr 2018, 21:15 WIB
Ilustrasi Liga Champions

Jakarta - Liga Champions 2017/18 memasuki semifinal. Liverpool, Real Madrid, Bayern Munchen, dan AS Roma menjaga peluang memenangkan gelar.

Liverpool menjadi tim pertama yang lolos ke semifinal Liga Champions. Pasukan Jurgen Klopp mengalahkan tim senegara, Manchester City lewat agregat 5-1, Rabu (11/4/2018) dinihari WIB. Bagi Liverpool, ini adalah keberhasilan pertama sejak 2008.

Tim Kedua yang lolos adalah AS Roma. Il Lupo lolos dramatis berkat keunggulan gol tandang dari Barcelona.

Real Madrid dan Bayern Munchen menyusul kedua tim, satu hari setelahnya. Real Madrid menyingkirkan Juventus secara dramatis dengan agregat 4-3. Sedangkan Munchen melenggang ke semifinal usai menang agregat 2-1 atas Sevilla.

Undian semifinal dilakukan Jumat (13/4/2018) waktu setempat. Sebelum dilakukan, berikut fakta menarik seputar semifinal Liga Champions 2017/2018.

 

 

 

2 of 5

1. Hanya Bayern Munchen Juara Liga

Bayern Munchen
Louis van Gaal menilai Bayern Munchen merupakan tim yang komplet karena memiliki pelatih berpengalaman dan sekumpulan pemain berkualitas yang berpeluang meraih gelar juara Liga Champions 2017-2018. (AFP/Cristina Quicler)

Dari empat tim semifinalis, hanya Bayern Munchen yang berstatus juara Liga. Real Madrid, Liverpool, dan AS Roma malah bukanlah tim juara di liga domestik masing-masing.

FC Hollywood -julukan Munchen- sudah memastikan gelar juara pada pekan lalu. Poin Munchen sudah tak bisa lagi terkejar oleh tim peringkat kedua, Schalke 04.

Munchen unggul 20 poin dari Schalke yang mengoleksi 52 poin. Bundesliga Jerman sendiri telah memasuki pekan ke-29, dan tinggal menyisakan sembilan pertandingan lagi.

Real Madrid sebetulnya masih berpeluang juara Liga Spanyol. Namun peluang itu terbilang tipis mengingat Madrid tertinggal 15 poin dari Barcelona di puncak klasemen.

Sementara itu, Liverpool dan AS Roma dipastikan tak lagi berpeluang juara. Gelar juara Liga Inggris sudah pasti milik Manchester City, sementara Liga Italia diperebutkan Juventus dan Napoli.

3 of 5

2. Warna Brasil

Daniele De Rpssi
AS Roma menjadi klub dengan pemain Brasil terbanyak dibanding semifinalis lain (AFP/Andreas Solaro)

Para pemain Brasil ternyata menghuni keempat tim semifinalis Liga Champions musim ini. AS Roma menjadi tim semifinalis dengan jumlah pemain Brasil terbanyak yakni tiga pemain.

Tiga pemain Brasil yang berada di AS Roma adalah kiper Alisson Becker, bek Juan Jesus, dan gelandang Gerson. Di belakang AS Roma ada Real Madrid dengan dua pemain yakni Casemiro dan Marcelo.

Sementara itu, Munchen dan Liverpool masing-masing memiliki satu pemain asal Brasil. Di Munchen ada sosok Rafinha, sedangkan Liverpool memiliki Roberto Firmino.

4 of 5

3. Produktivitas Liverpool

Liverpool, Manchester City, Liga Champions
Striker Liverpool, Mohamed Salah dan Roberto Firmino, melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Manchester City pada laga Liga Champions di Stadion Etihad, Rabu (11/4/2018). Manchester City takluk 1-2 dari Liverpool. (AP/Rui Vieira)

The Reds boleh saja tak lebih diunggulkan dari Real Madrid atau Bayern Munchen. Namun tim asuhan Jurgen Klopp tercatat sebagai tim terproduktif di Liga Champions musim ini.

Liverpool telah membukukan 33 gol pada Liga Champions musim ini. Real Madrid berada di peringkat ketiga dengan 26 gol, disusul Munchen dengan 23 gol.

AS Roma menjadi semifinalis dengan jumlah gol paling sedikit yakni 15 gol. Torehan gol Roma bahkan kalah dari Paris Saint Germain (PSG) yang disingkirkan Madrid di Babak 16 Besar.

Le Parisien -julukan PSG- berada di peringkat kedua di bawah Liverpool dengan 27 gol.

5 of 5

4. Liverpool Tak Terkalahkan

Liverpool Permalukan Manchester City
Pemain Liverpool merayakan kemenangan mereka atas Manchester City di hadapan suporter pada akhir laga leg kedua perempat final Liga Champions di Stadion Etihad, Rabu (11/4). Manchester City harus tersingkir usai takluk 1-2 dari Liverpool. (AP/Rui Vieira)

Selain terproduktif, Liverpool juga menjadi satu-satunya tim semifinalis yang belum menelan kekalahan di Liga Champions musim ini. Tiga tim lain masing-masing pernah menelan satu kekalahan.

Real Madrid sempat kalah 1-3 dari Tottenham Hotspur pada fase grup. Pun begitu dengan Bayern Munchen yang digilas PSG dengan skor 0-3 di pertandingan fase grup. Di sisi lain, AS Roma juga menelan kekalahan 0-1 dari Atletico Madrid.

Pada fase grup, Liverpool mencatatkan tiga kemenangan dan tiga hasil imbang. Tiga kemenangan itu dihasilkan atas Maribor (2 kali), dan Spartak Moscow. Sementara, tiga hasil imbang dipetik kala bertemu Sevilla (2 kali) dan Spartak Moscow.

 

Sumber: Liputan6.com

Lanjutkan Membaca ↓