Sukses


Laporan dari Jerman: Bundesliga Siap Bantu Ciptakan Bintang Asal Asia

 

Laporan Jurnalis Bola.com, Aditya Wicaksono, dari Dusseldorf, Jerman. BUNDESLIGA menyatakan tidak akan menutup kemungkinan untuk terus membantu meningkatkan kualitas sepak bola di wilayah Asia. Pernyataan ini diungkapkan Maurice Gorges dan Kevin Sim yang merupakan perwakilan Bundesliga untuk wilayah Asia.

"Bundesliga adalah liga yang membuka peluang bagi pesepak bola dari negara mana pun untuk menjalani karier di Jerman. Saat ini, banyak pemain asal Jepang yang memulai kariernya di Bundesliga," ujar Gorges.

"Sebenarnya tidak hanya Jepang, namun juga negara-negara lainnya. Namun, hal tersebut ditentukan oleh komitmen sang pemain itu sendiri. Bundesliga pernah diwarnai oleh pemain asal Thailand. Jadi sebenarnya, tidak ada yang tidak mungkin," ia menambahkan. 

Maurice Gorges dari Bundesliga memberikan penjelasan dalam Workshop Bundesliga. (Bola.com / Aditya Wicaksono)

Pernyataan Gorges memang bukan isapan jempol semata. Bundesliga pernah menelurkan bintang-bintang Asia yang sukses berkiprah di kompetisi tinggi Asia. Sebut saja, Shinji Kagawa yang pernah merasakan berkarier bersama Manchester United selama dua musim pada 2012-2014. 

Sekarang, Shinji Kagawa telah kembali ke Borussia Dortmund. Meski demikian, di ajang Premier League, satu nama Asia yang sedang mencuri perhatian adalah Son Heung-min, bintang Tottenham Hotspur. Sebelum berkiprah di Spurs, Son merupakan jebolan akademi Hamburger SV.

Striker Tottenham Hotspur, Son Heung-min, melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Juventus pada laga Liga Champions di Stadion Wembley, London, Rabu (7/3/2018). Tottenham Hotspur takluk 1-2 dari Juventus. (AP/Frank Augstein)

Kevin Sim yang baru bergabung dengan Bundesliga, mengatakan, Jerman memang bisa menjadi pusat pengembangan terbaik bagi pemain-pemain Asia. Oleh karenanya, menurut dia, Bundesliga tidak menutup juga bekerja sama dengan Asosiasi Sepak Bola di negara-negara Asia. 

"Kami masih terus melakukan pengembangan di wilayah Asia. Kantor kami belum begitu besar, jadi membutuhkan waktu untuk bisa merangkul asosiasi sepak bola di negara-negara asia," ujar Kevin Sim.

"Jika mereka membuka jalan, tentu kami akan bersedia untuk turun serta. Namun pada masa mendatang, tidak menutup kemungkinan kalau Bundesliga yang akan melakukan pendekatan terlebih dahulu," tuturnya.

Baca berita lainnya liputan khusus Bola.com di Jerman untuk mengikuti rangkaian acara Bundesliga Experience, di sini

Video Populer

Foto Populer