PSG Bikin Gebrakan Unik di Tiongkok

Oleh Adyaksa Vidi pada 22 Apr 2018, 08:23 WIB
Lionel Messi dan Para Raja Nutmeg di Lapangan Hijau

Jakarta Paris Saint Germain (PSG) mencoba melebarkan sayapnya ke Asia. Untuk mendekatkan diri dengan fansnya, mereka membuka PSG Park di Shanghai, Tiongkok.

Tak main-main, PSG Park yang dibuka di salah satu mal ini punya fasilitas sangat lengkap. Selain toko merchandise, di tempat ini ada restoran, bar, dan juga layar besar untuk menonton laga PSG.

Hal menarik lainnya adalah adanya lapangan sepak bola indoor yang rumputnya standard FIFA. Selain itu ada juga lapangan di rooftop yang bisa digunakan para pengunjung.

"Shanghai kami pilih karena kota ini paling 'Eropa' di Tiongkok. Kami menanti respons dari publik apakah perlu membuka PSG Park di tempat lain," Direktur Merchandising PSG, Fabien Allegre seperti dilansir ESPN.

"Kami juga akan mengembangkan sepak bola grassroots di Shandong. Proyek ini akan berjalan lima tahun dan semoga saja kami menemukan Neymar baru."

 

 

2 of 3

Semakin Serius

Marquinhos, Neymar, dan Lucas Moura
Neymar mengungkapkan kekecewaannya terhadap Paris Saint-Germain yang melepas Lucas Moura ke Tottenham Hotspur. (AFP)

Sebelumnya, PSG juga baru membuka kantor perwakilan di Singapura. Mereka juga akan mengunjungi negara itu musim panas nanti untuk beruji coba.

PSG mengklaim punya 55 juta fans di seluruh dinia saat ini. Sepertiga dari jumlah itu berasal dari Asia.

3 of 3

Sejak 2011

Neymar Jr, Edinson Cavani, Paris Saint-Germain
4. Neymar Jr (Paris Saint-Germain) - 15 Gol (3 Penalti). (AFP/Christophe Simon)

Tak heran mereka pun semakin serius menggarap pasar ini. Terlebih selama ini Asia menjadi salah satu basis fans terbesar klub raksasa Eropa.

"Kami mengembangkan PSG terutama di Tiongkok sejak 2011. Saat ini PSG menjadi klub Prancis yang paling banyak pengikutnya di sini," kata Kepala Pengembangan Internasional PSG, Sebastian Wasels.

Sumber Liputan6.com

Lanjutkan Membaca ↓