Sukses


Wasit Belanda Untungkan Siapa, Real Madrid atau Munchen?

Jakarta Kepemimpinan wasit dalam duel Real Madrid melawan Bayern Munchen pada leg pertama babak semifinal Liga Champions, Rabu (25/4/2018) atau Kamis dini hari WIB. Maklum, Los Blancos dituding kerap dibantu wasit dalam melewati masa-masa sulit pertandingan. 

Terbaru adalah saat Real Madrid bertandang ke markas Juventus pada leg kedua babak perempat final lalu. Juventus yang kalah 0-3 di leg pertama berhasil mengejar ketertingalan pada leg kedua. Juventus sempat unggul 0-3 dan mengubah agregat menjadi 3-3. 

Namun di masa injury time, wasit Michael Oliver yang memimpin pertandingan memberikan penalti kepada Real Madrid. Keputusan ini disambut protes pemain Juventus dan berujung kepada kartu merah kiper Gianluigi Buffon. Cristiano Ronaldo yang maju sebagai eksekutor sukses menjalankan tugasnya sekaligus membawa Madrid unggul 4-3 atas Juventus.   

Langkah Real Madrid ke Allianz Arena dini hari nanti juga tak lepas dari isu keberpihakan wasit. Duel ini bakal dipimpin wasit asal Belanda, Bjorn Kuipers. Wasit berusia 45 tahun itu sebelumnya pernah memimpin duel Real Madrid melawan Borussia Dortmund pada fase grup musim ini. Dalam duel yang berlangsung di Westfalenstadion itu, Madrid menang 3-1.

Selain itu, Kuipers juga bertugas saat Real Madrid tampil di final Liga Champions 2013-14 yang berlangsung di Lisbon, Portugal. Dalam duel ini, gol telat Sergio Ramos memupus ambisi Atletico Madrid untuk mengangkat trofi. Lewat babak perpanjangan waktu Real Madrid akhirnya keluar sebagai juara usai memenangi laga dengan skor 4-1. 

 

2 dari 3 halaman

Bukan Dewa Penyelamat

Namun, Kuipers bukanlah "dewa penyelamat" Real Madrid. Real Madrid juga pernah kalah saat dipimpin wasit Negeri Kincir Angin tersebut. Salah satunya saat dipermalukan Borussia Dortmund 1-4 dan saat ditahan imbang CSKA Moscow di babak 16 besar musim lalu. 

Dengan demikian, dari total empat laga yang dipimpin Kuipers, Real Madrid mengemas dua kemenangan, satu hasil imbang, dan satu kali seri.

3 dari 3 halaman

Belum Pernah Kalah

Sementara itu, Bayern Munchen belum pernah kalah selama dipimpin Kuipers. Dari pertandingan, Munchen dua kali menang dan sekali seri. Berikut hasil lengkapnya.

Penyisihan grup 2011-12: Bayern Munchen Vs Napoli : 3-2

Penyisihan grup 2013-14: Manchester City Vs Bayern Munchen: 1-3

Perempat final 2015-16: Benfica Vs Bayern Munchen :2-2

Video Populer

Foto Populer