Sukses


    Stadion Piala Dunia 2018: Saint Petersburg Stadium

    Bola.com, Jakarta - Rencana pembangunan Saint Petersburg Stadium sejatinya sudah dimulai sejak tahun 2005 silam. Namun, ada beberapa kali penundaan, termasuk salah satunya karena mundurnya Gazprom yang awalnya jadi sponsor. Saint Petersburg Stadium akhirnya selesai pada tahun 2017 dan sudah dicoba pada Piala Konfederasi yang lalu.

    Stadion ini dibangun di bekas lokasi stadion Stadion Kirov, di ujung Pulau Krestovsky yang dikelilingi oleh tiga sisi Laut Baltik. Ada pemandangan yang indah di sekitar stadion yang biasa disebut juga nama Zenit Arena, Stadion Krestovsky, dan Piter Arena. Stadion ini akan jadi markas FC Zenit.

    Stadion yang dirancang oleh perusahaan arsitek asal Jepang, Kisho Kurokawa, menjalani debut pada 22 April 2017. Tuan rumah FC Zenit melawan Ural pada kompetisi di Liga Rusia. Pada laga pembukaan tersebut, Zenit memperoleh kemenangan dengan skor dua gol tanpa balas.

    Sekilas, Saint Petersburg Stadium ini mirip dengan desain pesawat ruang angkasa. Stadion ini banyak disebut punya kesamaan dengan Toyota Stadium Jepang. Sebab, stadion ini dibangun oleh perusahaan arsitektur yang sama. Tapi, fasilitas yang dimiliki oleh Stadion Saint Petersburg dipastikan lebih mewah dan modern.

     

    Beberapa fasilitas mewah yang dimiliki oleh Stadion Krestovsky adalah atap yang bisa membuka secara otomatis. Hanya dibutuhkan waktu selama 15 menit untuk bisa membuka atap stadion. Selain itu, stadion ini juga bisa dipakai untuk menggelar acara umum seperti konser musik. Sebanyak 80.000 penonton bisa masuk untuk konser musik.

    Stadion Saint Petersburg terletak di ujung barat Pulau Krestovsky di barat laut St. Petersburg. Stadion ini terletak sekitar 7,5 kilometer dari Palace Square in Saint Petersburg atau alun-alun kota. Stadion bisa diakses dengan kereta dan bus. Setelah itu, perjalanan menuju stadion dilanjutkan dengan jalan kaki.

    Informasi Saint Petersburg Stadium

    1. Kota: Saint Petersburg

    2. Tahun Dibangun: 2017

    3. Kapasitas: 68.000 tempat duduk

    4. Markas Klub: FC Zenit Saint Petersburg

    5. Jadwal Pertandingan:

    a. Maroko Vs Iran (Grup B / 15 Juni 2018)

    b. Rusia Vs Mesir (Grup A / 19 Juni 2018)

    c. Brasil Vs Kosta Rika (Grup E / 22 Juni 2018)

    d. Nigeria Vs Argentina (Grup D / 26 Juni 2018)

    e. Babak 16 Besar (3 Juli 2018)

    f. Semifinal (10 Juli 2018)

    g. Perebutan Tempat Ketiga (14 Juli 2018)

    Sumber: Bola.net

    Video Populer

    Foto Populer