3 Bek Ini Tampil Gemilang Ketika Jadi Kiper Dadakan

Oleh Cakrayuri Nuralam pada 20 Mei 2018, 21:00 WIB
Tottenham Hotspur Permalukan Chelsea di Stamford Bridge

Jakarta Kiper Manchester United David De Gea menyabet penghargaan Sarung Tangan Emas Liga Inggris. Ini merupakan penghargaan yang diberikan untuk penjaga gawang dengan clean sheet terbanyak dalam semusim.

De Gea mencatatkan 18 clean sheet sepanjang musim ini. Dia mengalahkan kiper Manchester City, Ederson yang mencatatkan 16 clean sheets.

Dari 37 penampilan di Liga Inggris musim ini, De Gea tercatat melakukan 115 penyelamatan di bawah mistar gawang MU. Itu merupakan penyelamatan terbanyak kelima yang dilakukan oleh kiper-kiper di Liga Inggris.

Aksi De Gea yang paling diingat tentunya pada laga melawan Arsenal di Emirates Stadium, 3 Desember 2017. Pada laga yang dimenangkan MU dengan skor 3-1 itu, De Gea melakukan 14 penyelamatan.

Namun tak hanya De Gea saja yang jago dibawah mistar gawang. Ada empat pemain yang tampil mengesankan saat menjadi kiper dadakan. Siapa saja mereka? Simak di halaman selanjutnya.

2 of 4

Rio Ferdinand

Rio Ferdinand, Mancheter United, Tinju Pro
Rio Ferdinand saat berkostum Manchester United. (AFP/Glyn Kirk)

Perempat final Piala FA, Maret 2008, Manchester United berjumpa dengan Portsmouth. Pada laga itu, MU kehilangan dua kiper.

Setan Merah, sebutan MU, kehilangan kiper utama mereka, Edwin van Der Sar karena mengalami cedera. Sementara kiper pengganti, Tomasz Kuszczak mendapatkan kartu merah karena melakukan pelanggaran di kotak penalti, yang berbuah penalti untuk The Potters.

Kapten sekaligus bek tengah MU saat itu, Rio Ferdinand menjadi kiper dadakan. Ferdinan berhasil membaca arah sepakan Sulley Muntari, tapi dia tak bisa menghentikan laju bola. Tak hanya kebobolan, dia juga harus menerima MU tersingkir dari Piala FA.

 

 

3 of 4

John Terry

Ritual Aneh 9 Pesepakbola Terkenal Sebelum Memulai Pertandingan
John Terry. (AFP/Ben Stansall)

Liga Inggris 2006/07, tentu menjadi momen yang paling diingat fans Chelsea. Terlebih saat Frank Lampard dan kawan-kawan bermain melawan Reading di Madejski Stadium.

Dalam laga tersebut, Chelsea harus kehilangan dua kipernya. Petr Cech mengalami insiden mengerikan dengan winger Reading Stephen Hunt. Kepala Cech membentur kaki Hunt saat hendak menyelamatkan bola dan itu menyebabkan cedera serius di kepala yang membuatnya digotong keluar lapangan.

Penggantinya, Carlo Cudicini, juga harus ditarik keluar kemudian di akhir-akhir babak kedua karena berbenturan dengan Ibrahima Sonko.

John Terry mengambil alih posisi sebagai kiper. Dengan kondisi sembilan pemain, kehilangan kiper, dan kartu merah John Obi Mikel, Terry membantu Chelsea mengamankan kemenangan berkat gol bunuh diri yang dicetak Ivar Ingimarsson di akhir babak pertama.

 

 

4 of 4

John O'Shea

img_oshea-5.jpg
Mantan bek Manchester United John O'Shea. (AFP PHOTO / PAUL ELLIS)

Tak hanya sekali, MU juga bermain dengan kiper dadakan saat melawan Tottenham Hotspur pada ajang Liga Inggrism musim 2006/07.

Memasuki menit akhir, MU kehilangan Edwin van Der Sar karena mengalami cedera hidung. Setan Merah tak bisa memasukan kiper pengganti karena sudah mengganti tiga pemain.

Awalnya, Rio Ferdinand yang akan mengambil tugas sebagai kiper dadakan. Namun Fergie mengubah keputusannya dan memilih John O'Shea sebagai gantinya. Lupakan keunggulan 4-0, O'Shea melakukan satu aksi penyelamatan bagus yang membuat gawang timnya aman dari serangan pemain Spurs.

Lanjutkan Membaca ↓