Sukses


Lionel Messi Raih Sepatu Emas Eropa Kelima dalam Kariernya

Bola.com, Barcelona - Penyerang Barcelona, Lionel Messi, berhasil memecahkan rekor untuk meraih Sepatu Emas Eropa kelima dalam kariernya. Messi berhasil mengungguli Mohamed Salah dan Harry Kane untuk meraih Sepatu Emas Eropa musim ini, yang juga membuat Messi memecahkan rekor pemenang terbanyak penghargaan sebagai pencetak gol terbanyak di liga-liga top Eropa itu.

Lionel Messi masuk sebagai pemain pengganti saat Barcelona menang tipis 1-0 atas Real Sociedad di pertandingan terakhir mereka di La Liga musim ini yang digelar di Camp Nou, Senin (21/5/2018) dini hari WIB. Messi gagal mencetak gol dalam pertandingan terakhir musim ini, tapi pemain asal Argentina itu telah mengumpulkan 34 gol sepanjang musim ini.

Sebagai pencetak gol terbanyak di La Liga musim ini, Lionel Messi otomatis mendapatkan penghargaan Pichichi Trophy. Namun, tak hanya itu, Lionel Messi ternyata juga berhasil mengungguli pencetak gol terbanyak dari sejumlah liga top Eropa.

Tercatat dua pemain di Premier League, Mohamed Salah dan Harry Kane, berada di posisi kedua dan ketiga dengan raihan masing-masing 32 dan 30 gol. Ciro Immobile dan Mauro Icardi dari Serie A, serta Robert Lewandowski dari Bundesliga berada di posisi keempat dengan 29 gol yang diikuti Edinson Cavani dari Ligue 1 dengan 28 gol.

Tak hanya berhasil meraih Sepatu Emas Eropa musim ini, Lionel Messi mencatatkan rekor baru sebagai pemenang terbanyak Sepatu Emas Eropa sepanjang masa. Sebelumnya Messi dan Ronaldo sama-sama mengoleksi empat penghargaan tersebut. Namun, kini Lionel Messi menjadi satu-satunya pesepak bola yang berhasil memenangi penghargaan tersebut sebanyak lima kali.

Selain Messi yang sudah meraih penghargaan tersebut sebanyak lima kali dan Cristiano Ronaldo yang sudah empat kali mendapatkannya, belum ada lagi pemain sepak bola yang tercatat menyabet penghargaan itu lebih dari dua kali.

Selain Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo, hampir semua pesepak bola yang mendapatkan penghargaan itu maksimal hanya dua kali mendapatkannya. Mereka adalah Eusebio, Gerd Muller, Dudu Georgescu, Fernando Gomes, Ally McCoist, Mario Jardel, Thierry Henry, Diego Forlan, dan Luis Suarez.

Video Populer

Foto Populer