Sukses


3 Kiper dengan Clean Sheet Terbanyak di Champions

Bola.com, Jakarta - Liga Champions 2017-18 akan memasuki partai puncak. Juara bertahan Real Madrid akan menghadapi Liverpool di NSK Olimpijs'kyj, Kiev, 26 Mei 2018

Real Madrid melaju ke final Liga Champions setelah menyingkirkan Bayern Munchen dengan agregat 4-3. Sedangkan Liverpool menumbangkan AS Roma dengan agregat 7-6.

Para pencinta sepak bola dunia tentu sangat menantikan laga final ini. Mereka ingin melihat apa yang akan dilakukan Cristiano Ronaldo untuk membantu Real Madrid memenangkan trofi Liga Champions untuk kali ketiga secara beruntun.

Selain itu, mereka juga bakal menantikan aksi Mohamed Salah untuk membawa Liverpool menghentikan ambisi Los Blancos. Namun terlepas dari itu semua, patut disimak jika kompetisi elit di Eropa itu telah melahirkan sejumlah kiper hebat.

Berikut 3 kiper dengan clean sheet terbanyak dalam sejarah Liga Champions seperti dikutip dari Sokka:

2 dari 4 halaman

3. Gianluigi Buffon - 49 Clean Sheets

Gianluigi Buffon telah mengumumkan bahwa laga melawan Verona pada akhir pekan kemarin menjadi pertandingan terakhirnya bersama Juventus. Namun, kiper berusia 40 tahun itu belum memutuskan karier selanjutnya.

Bersama Juventus, Buffon telah memenangkan 11 gelar juara Liga Serie A Italia. Namun, ia tidak pernah mendapat kesempatan untuk mengangkat trofi Liga Champions.

Buffon sebenarnya memiliki tiga kesempatan untuk memenangkan trofi bergengsi tersebut. Namun, tiga kali lolos ke final, Juventus selalu kalah.

Pada musim 2002-03, Juventus kalah adu penalti dari AC Milan. Di musim 2014-15, giliran Barcelona yang mengandaskan klub berjuluk Si Nyonya Tua itu dengan skor 3-1.

Musim lalu, Buffon lagi-lagi harus menelan kecewa. Sebab, Juventus kalah 1-4 dari Real Madrid pada partai final. Dan di musim ini, Madrid lagi-lagi menjegal Juventus. Bertemu di perempat final, Juventus kalah agregat 3-4.

Kendati demikian, Buffon mengukir prestasi pribadi yang patut dibanggakan. Dalam 160 penampilannya di Liga Champions, dia membuat 49 clean sheets alias tidak kebobolan.

3 dari 4 halaman

2. Edwin Van Der Sar - 51 Clean Sheets

Edwin Van Der Sar akan tercatat dalam sejarah sebagai salah satu kiper terbaik di generasinya. Mantan kiper Timnas Belanda itu meraih hampir semua impiannya sebagai pesepakbola.

Van Der Sar mengangkat trofi Liga Champions sebanyak dua kali, yakni bersama Ajax Amsterdam dan Manchester United (MU). Dua trofi itu dilengkapi dengan prestasi pribadinya.

Dalam 139 penampilannya di Liga Champion, dia membuat 51 clean sheets. Ia memegang rekor tersebut sampai pensiun pada 2011 lalu. Namun, Iker Casillas mampu memecahkannya.

4 dari 4 halaman

1.Iker Casillas - 56 Clean Sheets

Kiper terbaik Liga Champions sepanjang masa dengan catatan clean sheet terbanyak adalah Iker Casillas. Kiper asal Spanyol itu kini bermain untuk klub Portugal, FC Porto, sejak 2015 setelah meninggalkan Real Madrid. Namun, dia mengukir catatan paling indah dalam sepak bola di Santiago Bernabeu.

Bersama Real Madrid, Casillas memenangkan tiga trofi Liga Champions, 5 gelar Liga Spanyol, Piala Dunia Antaraklub di antara piala lainnya. Dalam 173 penampilannya di Liga Champions, ia telah memiliki catatan 56 clean sheet.

Pada Kamis (17/5/2018) pekan lalu, Casillas telah mengumumkan perpanjangan kontrak satu tahun dengan Porto. Ini berarti mantan kiper Timnas Spanyol itu memiliki kesempatan untuk memperbaiki rekornya pada musim depan.

Sumber: Liputan6.com

Video Populer

Foto Populer