Sukses


    Joachim Low Nilai Lionel Messi Unggul atas Cristiano Ronaldo

    Bola.com, Berlin - Pelatih Timnas Jerman, Joachim Low, menyebut Lionel Messi lebih unggul ketimbang Cristiano Ronaldo. Dia menilai pemain Barcelona tersebut lebih komplet jika dibandingkan dengan CR7.

    Messi dan Ronaldo sudah tak perlu lagi diragukan kualitasnya, terbukti dengan dominasi keduanya dalam penghargaan Ballon d'Or 10 tahun terakhir. Meskipun demikian, perdebatan mengenai siapa yang terbaik hingga saat ini masih belum menunjukkan hasil.

    Dari segi prestasi, keduanya pun terbilang sama-sama telah mempersembahkan banyak gelar kepada klubnya. Namun jika menilik ke level internasional, Ronaldo terbilang lebih baik karena telah menyumbangkan satu gelar Piala Europa 2016.

    Sementara Messi hingga saat ini masih belum mempersembahkan gelar apapun kepada negaranya, Argentina, dan sering menjadi sasaran kritikan karena itu. Namun, Low tetap beranggapan bahwa pemain Barcelona tersebut masih lebih komplit ketimbang Ronaldo.

    "Saya tetap memilih Messi. Cristiano Ronaldo memang sensasional, seorang profesional yang sangat baik, mesin gol yang luar biasa, tapi Messi adalah pemain paling komplit yang pernah saya lihat," ujar Low kepada Bild.

    "Dia adalah pemain yang hebat. Dia menghasilkan 30 sampai 40 asis dalam 10 tahun terakhir dan juga mencetak sekitar 50 gol," lanjutnya.

    "Dia bisa meninggalkan delapan hingga sembilan pemain dan golnya selalu berbekas di benak anda," pungkasnya.

    Keduanya akan kembali bersaing dalam perebutan gelar Piala Dunia bersama negaranya masing-masing, mulai bulan Juni mendatang. Ronaldo bersama Portugal berada di grup B. Sedangkan Messi dan Argentina ada di grup C.

    Sumber: Bola.net

    Video Populer

    Foto Populer