Sukses


Juara Lagi, Torehan Real Madrid di Liga Champions Sulit Disaingi

Kiev - Real Madrid menjadi klub terbaik di Liga Champions musim ini. Mengalahkan Liverpool 3-1 di partai puncak, Los Galacticos telah mengoleksi 13 trofi di ajang tersebut.

Trofi ini juga menegaskan dominasi Real Madrid di Eropa. Akan sulit untuk menyamai torehan Los Blancos, yang mengoleksi 13 gelar Piala/Liga Champions sepanjang sejarah.

Klub ibu kota Spanyol ini menjadi pengoleksi terbanyak trofi Liga Champions di tanah Eropa. Trofi ke-13 bukan angka sial bagi Real Madrid, tapi bukti kebangsawanan mereka di kompetisi antarklub elite Eropa tersebut.

Selain itu, gelar juara musim ini membuat Real Madrid menjadi satu-satunya tim yang pernah memenangi Liga Champions selama tiga musim beruntun, sejak kompetisi itu berubah format pada 1992 silam.

Zinedine Zidane juga menjadi pelatih pertama yang memenangkan gelar Liga Champions tiga kali beruntun. Sementara Klopp menambah daftar kegagalannya di partai puncak.

2 dari 3 halaman

Diwarnai Drama

Di luar berbagai drama yang mewarnai, baik itu cederanya Mohamed Salah, peran penting Sergio Ramos, dwigol Gareth Bale maupun kekonyolan penjaga gawang Liverpool Loris Karius, hasil final Liga Champions 2017/2018 membuat Madrid kian jauh di atas awang-awang tak terjangkau klub-klub Eropa lainnya.

Real Madrid kian memantapkan posisinya sebagai kolektor terbanyak jawara Liga Champions dengan 13 kali, sementara pesaing terdekatnya raksasa masa lalu Italia, AC Milan (7), musim depan bahkan terancam dianulir keikutsertaannya di Liga Europa, kompetisi kasta kedua antarklub Eropa, jika terbukti menyalahi aturan Financial Fair Play (FFP) UEFA.

 

3 dari 3 halaman

Daftar Juara Liga Champions

Berikut daftar juara Liga Champions:

13 - Real Madrid

7 - AC Milan

5 - Liverpool, Bayern Muenchen, Barcelona

4 - Ajax

3 - Manchester United, Inter Milan

2 - Benfica, Nottingham Forest, Juventus, Porto

1 - Celtic, Feyenoord, Aston Villa, Hamburg SV, Steaua Bucharest, PSV Eindhoven, Red Star Belgrade, Olympique Marseille, Chelsea.

Sumber: Liputan6.com

Video Populer

Foto Populer