Petinggi DFB Desak Mesut Ozil Jelaskan Maksud Pertemuannya dengan Erdogan

Oleh Jonathan Pandapotan Purba pada 09 Jul 2018, 21:35 WIB
Diperbarui 09 Jul 2018, 21:35 WIB
Jerman, Piala Dunia 2018
Mesut Ozil (kanan) (AP/Frank Augstein)

Jakarta - Presiden Federasi Sepak bola Jerman (DFB), Reinhard Grindel, berharap Mesut Ozil menjelaskan pertemuannya dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

Mesut Ozil dan rekannya di Timnas Jerman, Ilkay Gundogan, berfoto bersama Erdogan, sehari sebelum pengumuman skuat Tim Panser di Piala Dunia 2018. Kedua pemain tersebut memang memiliki darah Turki.

Gundogan sebelumnya menyatakan bahwa tak ada agenda politik dalam pertemuan tersebut. Sementara Manajer Timnas Jerman, Oliver Bierhoff, menyarankan Tim Panser untuk mendepak Ozil dari skuat, usai pertemuan dengan Erdogan. Ozil sendiri hingga kini belum pernah bicara soal foto tersebut.

Grindel berharap pemain Arsenal tersebut bisa menjelaskan maksudnya berfoto dengan sosok Erdogan yang diduga melanggar HAM (hak asasi manusia) di Turki.

2 dari 3 halaman

Komentar Grindel

(Luis Acosta / AFP)

"Memang benar bahwa Ozil belum berkomentar, yang telah mengecewakan banyak penggemar karena mereka memiliki pertanyaan dan mengharapkan jawaban, dan mereka benar-benar mengharapkan jawaban itu," kata Grindel kepada Kicker.

"Jadi, sangat jelas bagi saya bahwa Ozil, ketika dia kembali dari liburan, juga harus secara terbuka memberikan pandangannya. Kami juga ingin menunggu dan melihat bagaimana Ozil terlibat," Grindel menambahkan.

3 dari 3 halaman

Ozil Jeblok

Mesut Ozil sendiri pada akhirnya tampil jeblok di Rusia. Ia gagal mengantar Jerman ke babak perdelapan final Piala Dunia 2018.

 

Sumber: Liputan6.com

Lanjutkan Membaca ↓