Manajer Liverpool Bela Mesut Ozil dan Ilkay Gundogan

Oleh Aditya Wicaksono pada 18 Jul 2018, 18:32 WIB
Diperbarui 18 Jul 2018, 18:32 WIB
Jerman Dipulangkan Korsel dari Piala Dunia 2018
Mesut Ozil. (AFP/Luis Acosta)

Bola.com, Liverpool - Manajer Liverpool, Jurgen Klopp, melakukan pembelaan kepada Mesut Ozil dan Ilkay Gundogan yang dituding sebagai penyebab performa negatif Jerman pada Piala dunia 2018. Ozil dan Gundogan disebut melakukan tindakan yang tidak pantas karena bertemu dengan presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan.

"Kritikan yang ditujukan kepada Ozil dan Gundogan adalah omong kosong. Bangsa Jerman harusnya bisa lebih bertoleransi," ujar Klopp.

"Semua orang di Jerman harus berhenti menanyai Ozil dan Gundogan. Para orang tua di Jerman harusnya lebih bisa bijaksana."

"Kita tidak boleh lupa, kalau Ozil dan Gundogan berdarah Turki. Mereka tidak akan pernah lupa asal usulnya walaupun besar di Jerman. Itu bukanlah masalah yang besar," ungkap manajer asal Jerman tersebut.

Ozil dan Gundogan menjadi sorotan karena dinilai tak tampil maksimal bersama Jerman. Manajer Die Mannschaft, Oliver Bierhoff, menjadi satu di antara orang yang paling vokal mengkritik Ozil dan Gundogan.

Bierhoff mengatakan kalau seharusnya Jerman tidak menyertakan Mesut Ozil dan Ilkay Gundogan pada Piala Dunia 2018. Ia juga menuntut Ozil dan Gundogan untuk memberikan pernyataan resmi mengenai tindakannya bertemu presiden Turki.

Sumber: Give Me Sport