Mesut Ozil Pensiun, DFB Tolak Dituduh Bersikap Rasial

Oleh Okky Herman Dilaga pada 24 Jul 2018, 03:17 WIB
Diperbarui 24 Jul 2018, 03:17 WIB
Jerman Dipulangkan Korsel dari Piala Dunia 2018
Gelandang timnas Jerman, Mesut Ozil bereaksi setelah kalah dari Korea Selatan pada pertandingan Grup F di Kazan Arena, Rusia, Rabu (27/6). Jerman selaku juara bertahan Piala Dunia gagal lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2018. (Luis Acosta / AFP)

Bola.com, Berlin - Federasi Sepak Bola Jerman (DFB) menolak tuduhan bersikap rasial kepada Mesut Ozil. DFB menganggap telah berusaha melindungi Ozil dari segala tindakan tersebut.

"Kami menyesalkan keputusan Mesut Ozil pensiun dari tim nasional Jerman. Kami dengan tegas menolak anggapan terkait rasialisme. DFB terlibat dalam kerja intergritas di Jerman selama bertahun-tahun," sebut pernyataan resmi DFB.

Ozil memutuskan pensiun dari timnas Jerman setelah merasa menjadi korban rasial dari DFB. Selain itu, Ozil juga dianggap sebagai biang kegagalan Der Panzer lolos dari fase grup Piala Dunia 2018.

Semua itu bermula dari pertemuan Ozil dengan Presiden Turki, Recep Erdogan, sebelum Piala Dunia 2018. Selain Ozil, terdapat pula rekan senegaranya, Ilkay Gundogan, dan striker Everton asal Turki, Cenk Tosun.

Tidak lama setelah foto empat orang itu tersebar, Ozil mendapat kritikan dari publik Jerman. Kabarnya, DFB juga meminta penjelasan dari Ozil dan Gundogan soal pertemuan dengan Presiden Turki itu.

"Sangat disayangkan bila Mesut Ozil merasa tidak dilindungi sebagai sasaran rasialisme," sebut DFB.

Jadwal Lengkap Siaran Langsung Babak 16 Besar Liga Champions di SCTV dan Vidio