Metode Roberto Mancini untuk Memotivasi Skuat Italia

Oleh Aditya Wicaksono pada 05 Sep 2018, 04:42 WIB
Roberto Mancini

Bola.com, Milan - Pelatih timnas Italia, Roberto Mancini, menggunakan musik untuk meningkatkan motivasi skuat Gli Azzurri. Sebelumnya, timnas Italia hanya diperbolehkan mendengarkan lagu di ruang ganti.

Roberto Mancini akan mengawal Italia pada laga kompetitif perdananya. Italia akan menghadapi Polandia pada laga UEFA Nations League (7/9/2018) dan Portugal pada laga uji coba internasional (10/9/2018).

Mancini pun membuat beberapa perubahan, satu di antaranya dengan berlatih sambil mendengarkan musik. Menurut kiper timnas Italia, Gianluigi Donnarumma, metode tersebut cukup menarik dan bisa memotivasi para pemain.

"Kami mencoba beberapa hal baru, yaitu dengan mendengarkan musik sambil berlatih. Awalnya cukup aneh, karena kami hanya mendengarkan musik ketika berada di ruang ganti," ujar Donnarumma.

"Saya sempat bertanya kepada pelatih kiper, ia mengatakan kalau Roberto Mancini yang memberikan arahan tersebut."

"Saya merase lebih antusias ketika menjalani latihan. Saya harap metode tersebut efektif," ungkap Donnarumma.

Daftar lagu yang dibuat Roberto Mancini cukup beragam. Beberapa musisi dan band yang ada dalam daftar tersebut adalah Queen, Miley Cyrus, hingga The Rolling Stones. Uniknya, tidak lagu yang berbahasa Italia dari daftar tersebut.

Sumber: ESPN