Agen Mesut Ozil Serang Penggawa Jerman

Oleh Aditya Wicaksono pada 18 Sep 2018, 21:35 WIB
Mesut Ozil, Timnas Jerman, Pensiun

Bola.com, Berlin - Agen Mesut Ozil, Erkut Sogut, menyatakan kalau Manuel Neuer, Thomas Muller dan Toni Kroos telah bertindak naif terkait masalah Mesut Ozil di timnas Jerman. Menurutnya, para pemain Jerman dan Joachim Low membela diri mereka sendiri setelah Ozil memutuskan pensiun dari pentas internasional.

"Secara tidak langsung, Neuer telah menuduh Mesut Ozil tidak memiliki kebanggaan ketika mengenakan jersey Jerman. Hal itu tidak dapat diterima," ujar Sogut.

"Lalu ada Muller yang mengaku tidak mengerti diskusi tersebut dan Kroos yang mengatakan tuduhan Ozil sebagai sebuah omong kosong. Mereka telah bertindak naif."

"Lalu, Joachim Low mengatakan tidak pernah ada tindakan rasialisme di timnas Jerman. Memang tidak ada, tidak ada permasalahan tersebut di timnas Jerman, namun Ozil mendapat tindakan rasialisme dari rakyat Jerman. Low hanya membela dirinya sendiri dengan pernyataan tersebut."

"Asosiasi Sepak Bola Jerman seharusnya dapat melindungi pemainnya dari perlakuan tersebut," ungkap Sogut.

Mesut Ozil menjadi sosok yang kontroversial karena berfoto bersama presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan pada Mei 2018, sebelum Piala Dunia 2018 bergulir. Foto tersebut mendapat sambutan yang negatif dari masyarakat Jerman.

Setelah Jerman gagal pada Piala Dunia 2018, Mesut Ozil dituding sebagai biang kegagalan Die Mannschaft. Ia pun memutuskan untuk mengundurkan dari dari timnas Jerman.

Sumber: The Guardian