5 Pemenang Ballon d'Or dari Luar Eropa

Oleh Liputan6.com pada 15 Okt 2018, 20:55 WIB
Kaleidoskop Sepak Bola Dunia 2016, Fenomena Leicester dan Kejayaan Ronaldo

Jakarta - Ballon d 'Or merupakan penghargaan individu paling bergengsi di dunia sepak bola. Gelar tersebut merupakan bentuk pengakuan atas kinerja di lapangan.

Akan tetapi, pemain non-Eropa tidak bisa memenangkan Ballon d 'Or hingga 1995. Itulah sebabnya mengapa Pele dan Diego Maradona tidak pernah memenangkan penghargaan tersebut meski punya kemampuan yang luar biasa.

Namun, perubahan aturan pada 1995 memungkinkan pemain dari luar Eropa untuk memenangkan penghargaan tersebut. George Weah adalah pemain non-Eropa pertama yang memenangkan Ballon d'Or. Sejak saat itu hanya ada beberapa pemain dari luar Eropa yang dianugerahi penghargaan tersebut.

Berikut lima pemain non-Eropa yang pernah memenangkan Ballon d'Or seperti dilansir Sportskeeda.

2 of 6

1. Ronaldo

Ronaldo Luiz
Ronaldo saat membela Timnas Brasil di Piala Dunia 2002. (Bola.com/Dok. FIFA)

Ronaldo adalah pemain Amerika Selatan pertama yang memenangkan Ballon d 'Or. Ia dianugerahi penghargaan tersebut dua kali pada 1997 dan 2002.

Pada 1997, Ronaldo mendapat penghargaan tersebut setelah unggul dari Predrag Mijatovic dan Zinedine Zidane. Ia nyaris memenangkannya pada 1996 setelah kalah satu poin dari sang pemenang, Matthias Sammer.

Namun, itu bukanlah satu-satunya Ballon d'Or buat Ronaldo. Mantan striker internasional Brasil itu memenangkannya lagi pada 2002 saat bersama Real Madrid setelah mengalah rekan senegaranya Roberto Carlos dan kiper legendaris Oliver Kahn.

3 of 6

2. Rivaldo

Rivaldo
Rivaldo. (CHRISTOPHE SIMON / AFP)

Rivaldo memenangkan Ballon d'Or pada 1999 saat bermain di Barcelona. Dia mengalahkan David Beckham dan legenda AC Milan Andriy Shevchenko dalam perebutan trofi tersebut.

Selain Ballon d'Or, Rivaldo juga mendapat penghargaan pemain terbaik FIFA pada 1999. Setelah dari Barcelona, Rivaldo melanjutkan kariernya bersama AC Milan.

4 of 6

3. Ronaldinho

Nama Julukan Pesepak Bola, Ronaldinho,  Kun Aguero
Ronaldinho. (AFP/Lluis Gene)

Legenda Barcelona itu mampu masuk dalam posisi tiga besar dalam perebutan Ballon d'Or 2004. Namun, ia hanya berada di urutan ketiga di belakang Andriy Shevchenko dan Deco.

Tapi, Ronaldinho akhirnya menyabet penghargaan tersebut pada tahun berikutnya. Ia mengalahkan dua legenda Liga Premier Inggris Frank Lampard dan Steven Gerrard.

Selain Ballon d'or, Ronaldinho jugal meraih penghargaan pemain terbaik FIFA dua kali. Bintang Brasil itu merupakan pemain kedua setelah Diego Maradona yang mendapat standing ovation dalam pertandingan El Clasico di mana dia mencetak dua gol melawan Real Madrid.

5 of 6

4. Kaka

Ricardo Kaka
Ricardo Kaka. (AFP/Pedro Armestre)

Kaka meraih kesuksesan besar ketika bermain di AC Milan. Ia memenangkan Liga Champions dan sejumlah penghargaan lainnya pada 2007.

Selain Ballon d'Or, Kaka juga mampu menyabet penghargaan pemain terbaik FIFA pada tahun tersebut. Bahkan Kaka adalah pemain terakhir yang memenangkan Ballon d'Or sebelum dinominasi oleh Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi.

Menariknya, Kaka mengungguli Ronaldo dan Messi untuk memenangkan Ballon d'Or dengan 444 poin. Ronaldo berada di urutan kedua tahun itu dan Messi berakhir di urutan ketiga.

6 of 6

5.Lionel Messi

Lionel Messi di Tahun 2016, Masih Gagal Persembahkan Trofi untuk Argentina
Pada awal Januari, Lionel Messi memulai tahun dengan mendapatkan penghargaan FIFA Ballon d'Or menyingkirkan pesaingnya Cristiano Ronaldo. Sepanjang kariernya bintang Barcelona itu sudah mengoleksi lima trofi Ballon d'Or. (AFP/Miguel Ruiz)

Messi adalah pemain yang berhasil memenangkan Ballon d'Or paling banyak bersama Cristiano Ronaldo. Ia sudah meraih penghargaan tersebut sebanyak lima kali dalam sepanjang kariernya.

Selain menjadi pemenang, Messi juga berada di urutan kedua sebanyak lima kali dan menempati urutan ketiga sekali. Ia berpeluang besar menambah koleksi Ballon d'Or-nya pada tahun ini setelah namanya kembali masuk dalam nominasi.

Lionel Messi sudah dianggap oleh banyak orang sebagai pemain terbaik dunia saat ini. Ia tidak hanya menjadi pemain non-Eropa yang paling sukses memenangkan Ballon d'Or, tetapi ia juga menjadi salah satu pemain yang paling sukses dalam memenangkan Ballon d'Or.

Sumber: Bola.net

Lanjutkan Membaca ↓