UEFA Nations League: Penuh Drama, Timnas Inggris Bungkam Spanyol

Oleh Juprianto Alexander Sianipar pada 16 Okt 2018, 03:41 WIB
Timnas Inggris

Bola.com, Sevilla - Timnas Inggris berhasil mengalahkan timnas Spanyol 3-2 dalam laga lanjutan Liga A Grup 4 UEFA Nations League 2018, di Stadion Benito Villamarin, Selasa (16/10/2018) dini hari WIB. Hasil ini membuat Spanyol harus menunda langkah untuk lolos ke semifinal

Spanyol tampil menekan sejak awal pertandingan. Taktik itu hampir membuahkan hasil andai tendangan keras Thiago Alcantara dari luar kotak penalti tidak menyamping di sisi kiri gawang Jordan Pickford pada menit keempat.

Satu menit berselang, La Furia Roja kembali mengancam gawang melalui Marcos Alonso. Hanya saja, tembakan Alonso yang mengarah ke gawang masih mengenai kepala Pickford. 

Tim asuhan Gareth Southgate yang terus ditekan justru unggul lebih dulu 1-0. Raheem Sterling membobol gawang David de Gea melalui skema serangan balik cepat setelah menerima umpan terukur Rashford pada ke-16.

Empat belas menit berselang, giliran Rashford yang menempatkan namanya di papan skor. Umpan matang Kane berhasil dimanfaatkan Rashford lewat tembakan ke sisi kiri gawang De Gea.

Pada menit ke-38, Spanyol makin terbenam di hadapan publik sendiri. Sterling yang berdiri bebas di kotak penalti mencetak gol keduanya di laga ini setelah menerima umpan Kane.

Memasuki babak kedua, Spanyol yang berupaya untuk bangkit hampir saja memperkecil skor andai tendangan Marco Asensio dari dalam kotak penalti tidak diblok Joe Gomez pada menit ke-51.

Gol yang ditunggu-tunggu tuan rumah baru datang pada menit ke-58. Umpan sepak pojok Asensio berhasil dikonversi menjadi gol oleh melalui sundulan terarah Paco Alcacer.

Asensio hampir saja memperkecil skor menjadi 2-3 pada menit ke-83. Namun, tembakan kaki kirinya masih berada tipis di sisi gawang Inggris.

Pada masa injury time babak kedua, Sergio Ramos membobol gawang Inggris untuk mengubah skor menjadi 2-3, tetapi gol itu tidak cukup untuk menghindarkan tuan rumah dari kekalahan.

Kekalahan ini tidak mengubah posisi Spanyol di puncak klasemen Grup 4 dengan torehan enam poin. Skuat asuhan Luis Enrique hanya unggul dua poin dari timnas Inggris yang menempati posisi kedua.

2 of 2

Susunan pemain

Susunan pemain

Spanyol (4-3-3): 1-David De Gea; 2-Jonny, 4-Nacho, 15-Sergio Ramos, 12-Marcos Alonso; 10-Thiago, 5-Sergio Busquets, 6-Saúl Ñíguez (9-Paco Alcacer 57'); 17-Iago Aspas (22-Dani Ceballos 57'), 19-Rodrigo (7-Alvaro Morata 72'), 20-Marco Asensio

Pelatih: Luis Enrique

Inggris (4-3-3): 1-Jordan Pickford; 2-Kieran Trippier (14-Trent Alexander-Arnold 85'), 5-Joe Gomez, 6-Harry Maguire, 3-Ben Chilwell; 8-Harry Winks (16-Nathaniel Chalobah 90+1'), 4-Eric Dier, 7-Ross Barkley (12-Kyle Walker 76'); 10-Raheem Sterling, 9-Harry Kane, 11-Marcus Rashford

Pelatih: Gareth Southgate

Wasit: Szymon Marciniak (Polandia)

Lanjutkan Membaca ↓