Sukses


Superstar: Paco Alcacer, Gemilang di Borussia Dortmund Terpinggirkan dari Timnas Spanyol

Bola.com, Dortmund - Paco Alcacer mencuri perhatian bersama Borussia Dortmund pada musim ini. Akan tetapi, penampilan apik Alcacer tak menjamin namanya masuk ke Timnas Spanyol.

Pemain berusia 25 tahun tersebut hengkang dari Barcelona dan bergabung ke Dortmund pada 28 Agustus 2018. Dia memperkuat Die Borussen dengan status pinjaman sampai akhir musim ini, dan opsi permanen yang mencapai 30 juta euro (Rp 499 miliar).

Bersama Borussia Dortmund, Paco Alcacer, memperlihatkan performa terbaiknya. Dia sukses mendulang sembilan gol dari delapan pertandingan di seluruh ajang kompetisi.

Teranyar, dia mencetak satu gol saat Der BVB menang 3-2 atas Bayern Munchen dalam laga pekan ke-11 Bundesliga Jerman, di Signal Iduna Park, Sabtu (10/11/2018).

Kontribusi besar Alcacer bersama Dortmund berbanding terbalik ketika masih berseragam Barcelona. Selama dua musim memperkuat Los Cules, dia hanya mengoleksi 15 gol dari 50 pertandingan.

"Borussia Dortmund telah membantu saya kembali ke siapa saya sebelumnya. Tentu saja, saya tahu tidak mungkin bisa terus mempertahankan performa ini," ujar Alcacer kepada Marca, Selasa (13/11/2018). 

"Saya tahu akan ada dua atau tiga pertandingan di mana saya tidak mencetak gol. Saya tidak terobsesi mencetak banyak gol dalam waktu yang begitu singkat," paparnya.

Statistik juga memperlihatkan Paco Alcacer menjadi tumpuan di lini serang Borussia Dortmund. Dia tercatat melepaskan 2,5 tembakan per laga, 9,2 umpan per laga, dan akurasi umpannya yang mencapai 76,4 persen.

Selain itu, Paco Alcacer juga memecahkan rekor di Bundesliga Jerman yang telah bertahan selama 55 tahun. Dia menjadi pemain pertama yang mencetak delapan gol di Bundesliga dalam waktu bermain selam 218 menit.

Dengan torehan tersebut, mantan pemain Valencia itu mengoleksi satu gol dalam 29 menit pertandingan. Pencapaian terbaik sebelumnya dipegang Charly Dorfel bersama Hamburg SV pada 1963.

Saat itu, Charly berhasil mendulang delapan gol setelah tampil selama 519 menit di Bundesliga. Charly membutuhkan waktu selama 65 menit untuk bisa mencetak satu gol.

 

2 dari 2 halaman

Tak Masuk Skuat Timnas Spanyol

Tampil impresif bersama Borussia Dortmund tak menjamin nama Paco Alcacer masuk skuat timnas Spanyol. Pelatih La Roja, Luis Enrique, tidak memanggil Alcacer dalam laga persahabatan kontra Kroasia dan Bosnia-Herzegovina, pada 15 serta 18 November 2018.

Enrique lebih memilih Alvaro Morata, Rodrigo, dan Iago Aspas untuk menghuni pos di lini depan. Padahal, penampilan Paco Alcacer jauh lebih baik dibandingkan Morata dan Rodrigo.

Morata baru mendulang enam gol dari 15 pertandingan di seluruh ajang kompetisi bersama Chelsea, sedangkan Rodrigo mengoleksi satu gol dari tiga pertandingan bersama Valencia.

Alhasil, Paco Alcacer sudah sebulan absen memperkuat timnas Spanyol. Terakhir kali dia membela skuat Matador adalah ketika bersua timnas Inggris pada laga keempat Grup 4 Liga A UEFA Nations League, 15 Oktober 2018.

Saat itu, Alcacer berhasil mencetak satu gol pada menit ke-58. Akan tetapi, La Furia Roja gagal meraih hasil positif dan harus menyerah 2-3 dari The Three Lions.

Sumber: Berbagai sumber

Video Populer

Foto Populer