Tite Sanjung Kepemimpinan Neymar sebagai Kapten Timnas Brasil

Oleh Rizki Hidayat pada 21 Nov 2018, 01:22 WIB
Neymar

Bola.com, Milton Keynes - Pelatih timnas Brasil, Tite, memuji kepemimpinan Neymar sebagai kapten Selecao. Menurut Tite, penyerang Paris Saint-Germain itu memimpin rekan setimnya dengan baik, di dalam dan luar lapangan.

Sejak Tite duduk di kursi pelatih timnas Brasil pada 20 Juni 2016, jabatan kapten selalu berganti. Beberapa nama yang sempat menjabat sebagai kapten Tim Samba adalah Thiago Silva, Dani Alves, Miranda, Gabriel Jesus, serta Neymar.

Namun kini, pelatih 57 tahun itu tidak lagi merotasi jabatan kapten timnas Brasil. Neymar yang kerap ditunjuk sebagai kapten, mengemban tugas dan tanggung jawab itu secara permanen sejak 8 September lalu.

Tugas itu mampu dijalani eks bintang Barcelona tersebut dengan baik. Dia berhasil memimpin rekan setimnya menyapu bersih kemenangan dalam lima laga terakhir. Selain di dalam lapangan, Neymar juga memperlihatkan sikap dewasa di luar lapangan.

"Jabatan kapten bukan hadiah, itu adalah tanggung jawab. Saya ingin dia lebih terbuka dengan jurnalis dan terus berkembang. Saya senang dengan bagaimana semuanya berubah," kata Tite.

"Di ruang ganti dia adalah karakter, di lapangan dia adalah seorang pemimpin. Suatu hari ketika dia melakukan konferensi pers, dia datang dengan putranya. Itu tidak dipaksakan, itu untuk menunjukkan dia memiliki sisi manusia," lanjutnya.

"Itu penting. Ketika Anda menjadi kapten, bagaimana memproyeksikan diri Anda sendiri. Saya menilai hal itu sukses sejauh ini," papar Tite.

Neymar akan kembali memimpin timnas Brasil menghadapi Kamerun dalam laga persahabatan, di Stadium mk, Rabu (21/11/2018) dini hari WIB.

Sumber: FourFourTwo