VIDEO: Dua Rekor Dunia yang Dibuat Neymar

Oleh Reza Bachtiar pada 21 Nov 2018, 08:00 WIB

Bola.com, Jakarta Neymar da Silva Santos Junior atau yang biasa dikenal Neymar Jr merupakan salah satu penyerang terbaik di era sepak bola modern. Karier pemain asal Brasil ini semakin meningkat kala pindah ke Barcelona pada tahun 2013.

Pilihannya itu terbukti tak salah, bersama Lionel Messi dan Luis Suarez ia menjadi trio yang mematikan. Neymar meraih treble winners bersama Barcelona pada musim 2014-15. Bersama Blaugrana, ia telah mencetak 68 gol dari 123 pertandingan sebelum pindah ke PSG pada 2017.

Kariernya di klub tak kalah mentereng untuk Timnas Brasil. Ketika usianya baru menginjak 18 tahun, ia masuk ke dalam pencetak gol terbanyak ketiga untuk Brasil dengan 60 gol. Dengan kesuksesan seperti itu, ia juga meraih beberapa penghargaan individual. Namun, Neymar juga pemegang rekor dunia. Apa saja itu?

 

  • Pemain Termahal di Dunia Sepak Bola

Ketika PSG menginginkan Neymar dari Barcelona, Les Parisiens wajib mengeluarkan uang sebesar 222 juta euro. Transfer ini membuat dirinya menjadi salah satu pemain termahal di dunia dan transfer ini masuk ke dalam buku rekor dunia Guinness World Record.

Transfer ini dua kali lipat lebih mahal dibanding transfer Paul Pogba dari Juventus ke Manchester United. Sejak saat itu, harga pemain di bursa transfer semakin menggila. Ousmane Dembele ke Barcelona dengan harga 105 juta euro, Philippe Coutinho dari Liverpool ke Barcelona 120 juta euro dan Kylian Mbappe dari AS Monaco ke PSG 180 juta euro.

 

  • Pencetak Gol Tercepat dalam Sejarah Olimpiade

Neymar membuat rekor pencetak gol tercepat sepanjang sejarah Olimpiade saat Timnas Brasil menghadapi Honduras di Olimpiade 2016. Setelah merebut bola dari bek Honduras, ia mampu mencetak gol hanya dalam waktu 14 detik.

Neymar mengalahkan rekor sebelumnya yang dibuat pemain Meksiko, Oribe Peralta pada Olimpiade 2012 di London. Gol tersebut dibuat Peralta saat menghadapi Brasil.