Timnas Jerman dan Inggris Punya Kesempatan Satu Grup pada Kualifikasi Euro 2020

Oleh Nurfahmi Budi pada 21 Nov 2018, 17:18 WIB
Skuat baru Jerman Menang

Jakarta - Timnas Jerman dan Inggris punya peluang berada dalam satu grup pada kualifikasi Euro 2020. Hal itu berlatar performa buruk Timnas Jerman pada UEFA Nations League 2018. Perjalanan babak penyisihan Euro 2020 akan dimulai pada Maret 2019.

Akhir UEFA Nations League menciptakan peta persaingan tim-tim Eropa untuk Euro 2020. Pada musim pertama UEFA Nations League, bisa dimaklumi masih banyak tim yang butuh waktu guna membaca peta persaingan dan kekuatan lawan.

Nahasnya, Jerman harus terdegradasi dari Liga A karena perolehan poin yang buruk. Hal ini menyebabkan Jerman tak akan jadi bagian Pot 1 pada undian kualifikasi Piala Eropa 2020 mendatang, pertama kalinya dalam sejarah mereka.

Jerman bersama Islandia adalah dua tim terburuk di Liga A dan harus terdegradasi. Hasil ini berakibat buruk pada perjuangan tim asuhan Joachim Loew itu pada kualifikasi Piala Eropa 2020 nanti. Skenario terbuk, Jerman mungkin harus melawan tim kuat seperti Inggris untuk berebut tiket lolos ke Euro 2020.

 

 

 

2 of 3

Perubahan Sistem

Skuat baru Jerman Menang
Selebrasi bek timnas Jerman, Nicklas Sule usai mencetak gol kedua timnas Jerman pada laga persahabatan kontra Rusia di Stadion Red Bull Arena, Leipzig. Timnas Jerman menang 3-0. (AFP/Odd Andersen)

Sejak adanya UNL, kualifikasi Euro sedikit berubah. Euro selalu diikuti 24 negara, dan kini UNL mengambil jatah empat tim yang berhak lolos ke Euro.

Maret 2019 mendatang, akan dilangsungkan play-off UNL yang mempertemukan empat tim terkuat masing-masing grup (1-4) di keempat liga (A-D) untuk memberikan satu tempat di Piala Eropa 2020 pada tim pemenang tiap-tiap liga (pemenang play-off Liga A, Liga B, dan seterusnya).

Hal ini berarti akan ada 10 grup kualifikasi Piala Eropa dengan dua pemenang masing-masing grup. 20 tim lolos dari kualifikasi ditambah empat tim yang lolos play-off UNL.

Undian kualifikasi akan dilangsungkan di Dublin pada 2 Desember nanti.

Pot 1: Inggris, Belgia, Kroasia, Prancis, Belanda, Italia, Polandia, Portugal, Spanyol, dan Swiss.

Pot2: Jerman, Islandia, Austria, Bosnia dan Herzegovina, Republik Ceko, Denmark, Rusia, Swedia, Ukraina, dan Wales.

Pot 3: Irlandia Utara, Republik Irlandia, Slovakia, Turki, Bulgaria, Finlandia, Israel, Norwegia, dan Serbia.

Pot 4: Albania, Siprus, Estonia, Yunani, Hongaria, Lithuania, Montenegro, Romania dan Slovenia.

Pot 5: Armenia, Azerbaijan, Belarus, Kep. Faroe, Gibraltar, Kazakhstan, Kosovo, Luxembourg, Makedonia, dan Moldova.

3 of 3

Semifinalis UNL

Inggris, Portugal, Swiss dan Belanda - akan tergabung dalam grup yang terdiri dari lima tim. Hal ini berarti tim-tim Pot 6: Andorra, Latvia, Liechtenstein, Malta, San Marino akan tergabung dalam grup yang tidak melibatkan semifinalis UNL.

Pembagian pot tersebut ditentukan oleh performa tim di UNL, dengan ranking internasional tiap tim berdasarkan posisi 1 sampai 55 di setiap liga [A-D] dan total poin mereka. Dua tim yang berhasil memuncaki setiap grup (10) kualifikasi Euro akan digabungkan dengan empat tim yang memenangkan play-off UNL. 

Lanjutkan Membaca ↓