Catat Sejarah, Santiago Bernabeu Jadi Tuan Rumah Final Copa Libertadores

Oleh Liputan6.com pada 30 Nov 2018, 19:05 WIB
Diperbarui 30 Nov 2018, 19:05 WIB
Ilustrasi Sepak Bola
Ilustrasi sepak bola (Abdillah/Liputan6.com)

Madrid - Markas Real Madrid, Santiago Bernabeu, akan menjadi tuan rumah final leg kedua Copa Libertadores antara River Plate versus Boca Juniors, pada Minggu (9/12/2018). Ini untuk kali sepanjang sejarah ajang itu, salah satu laga final akan berlangsung di Eropa.

"Santiago Bernabeu ditunjuk sebagai tuan rumah final Copa Libertadores antara River Plate melawan Boca Juniors. Laga akan berlangsung pada 9 Desember 2018 dan Conmebol telah mengonfirmasi laga itu digelar di Santiago Bernabeu," sebut pernyataan resmi Real Madrid.

Badan sepak bola Amerika Selatan (Conmebol) juga telah mengumumkan lokasi partai leg kedua final Copa Libertadores 2018. Conmebol memilih markas Real Madrid, Santiago Bernabeu sebagai venue baru pada Minggu, 9 Desember mendatang.

Laga ini rencananya akan digelar pada pukul 19:30 GMT atau pada Minggu (10/12) pukul 02:30 dini hari WIB. Suporter dari kedua klub dipersilakan untuk datang menyaksikan secara langsung laga ini.

Keputusan pemindahan venue leg kedua final ini disampaikan langsung oleh Presiden Conmebol, Alejandro Dominguez, "Bagi kita yang mengerti Laga Indah, tahu bahwa ini hanyalah masalah menang atau kalah, bukan membunuh dan mati. Saya ingin memulai dengan berterima kasih kepada Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez, Presiden FIFA Gianni Infantino, Presiden UEFA Aleksandar Ceferin dan teman baik saya Florentino Perez,"

Madrid dipilih setelah sebelumnya sempat ada beberapa venue yang menjadi alternatif, mulai dari Qatar, Paris hingga Genoa, di mana Wali Kota Genoa bersedia menggelar laga bertajuk Superclasico tersebut.

Partai final Copa Libertadores 2018 mempertemukan dua rival abadi Argentina, River Plate dan Boca Juniors. Laga ini sejatinya memiliki format dua leg kandang-tandang.

Pertandingan leg pertama di markas Boca Juniors digelar pada 11 November lalu dengan hasil akhir 2-2. Laga leg kedua sendiri sejatinya dijadwalkan digelar pada akhir pekan kemarin di kandang River, El Monumental.

Namun rencana berantakan setelah bus rombongan Boca Juniors diserang para pendukung River. Beberapa pemain Boca pun terluka akibat insiden ini.

Awalnya Conmebol hanya memutuskan untuk menunda laga ini menjadi keesokan harinya, akan tetapi para pemain Boca menolak dan akhirnya laga pun ditunda hingga waktu yang akan ditentukan selanjutnya.

2 dari 2 halaman

Sanksi

Ilustrasi Bola
Ilustrasi Bola

Sementara itu, Conmebol juga mengumumkan sanksi yang dijatuhkan terhadap River Plate akibat kejadian ini. River mendapat denda senilai 400 ribu US Dolar dan larangan bermain di kandang sebanyak dua laga.

Dalam partai final di Madrid nanti, kedua klub bakal mendapat jatah suporter. Hal ini berbeda kebijakan sebelumnya yang melarang suporter Boca hadir di kandang River Plate.

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini:

Lanjutkan Membaca ↓
Bursa Transfer: Mesut Ozil Resmi ke Fenerbahce dan Tinggalkan Arsenal