Melongok Chang Arena, Stadion Modern di Thailand Milik Buriram United

Oleh Yusuf Satria pada 01 Des 2018, 19:00 WIB
Chang Arena, stadion milik klub sepak bola Thailand, Buriram United

Bola.com, Buriram - Tidak lengkap rasanya berkunjung ke Buriram, Thailand, tanpa menyambangi Chang Arena, stadion kebanggaan kota tersebut milik klub sepak bola Buriram United

Dalam rangkaian acara Asia Road Race Championship 2018 di Buriram, akhir pekan ini, tim Astra Honda Racing Team (AHRT) mengajak Bola.com dan beberapa media lain dari Indonesia untuk berkeliling di area Chang Internasional Sirkuit. Rombongan juga diajak mampir sebentar untuk melihat Chang Arena. 

Dari kejauhan, stadion yang dibangun pada 2011 tersebut cukup menarik perhatian dengan dominasi warna biru tua. Area stadionnya tak terlalu besar. Namun, kualitas rumput, kebersihannya, manajemen stadion ini sangat mengesankan. 

Chang Arena atau Stadion Buriram memiliki kapasitas 30 ribu tempat duduk. Stadion ini juga dilengkapi dengan fasilitas pendukung, salah satunya Hotel Modena yang baru saja selesai dibangun. Selain itu, terdapat beberapa toko merchandise dan satu megastore yang menjual segala pernak-pernik Buriram United.

Toko merchandise di Chang Arena, stadion milik Buriram United. (Bola.com/Ade Yusuf Satria)

Harga merchandise yang dijual juga tidak terlalu mahal. Jersey original klub sepak bola dibanderol 350 bath (Rp 152 ribu) hingga 600 bath (Rp 261 ribu).

Kualitas rumput Chang Arena juga sangat bagus, bahkan jika dibandingkan dengan stadion-stadion terkenal di Indonesia. Fasilitas berupa toilet hingga tribune penonton sangat dijaga kebersihannya.

Chang Arena, Stadion milik Buriram United. (Bola.com/Ade Yusuf Satria)

Salah satu petugas stadion mengatakan seluruh area terutama rumput di stadion ini dirawat dan disiram minimal dua kali dalam sehari. Perawatan rutin itu tetap dilakukan bahkan jika tidak ada event.  Kualitas dan warna rumput stadion juga menyita perhatian. Kualitasnya hampir sama seperti rumput di stadion milik klub-klub ternama Eropa. 

Buriram United merupakan klub tersukses dan terbesar di Thailand. Prestasi mereka di level Asia juga tidak bisa dianggap main-main. Akademi sepak bola Buriram United juga yang terbaik di Thailand. Bahkan Chang Arena disebut sebagai stadion paling modern di Thailand.