Kiprah di Piala AFF 2018 Jadi Modal Filipina Bersaing di Piala Asia

Oleh Aning Jati pada 14 Des 2018, 07:45 WIB
Timnas Indonesia Vs Filipina

Bola.com, Manila - Timnas Filipina gagal memenuhi ambisi dengan tampil di final Piala AFF 2018. Namun, pengalaman bermain di turnamen paling elite di kawasan Asia Tenggara itu disebut jadi modal berharga the Azkals untuk bersaing di Piala Asia 2019.

Timnas Filipina merupakan debutan di Piala Asia 2019. Itu karena, baru edisi kali ini the Azkals bisa lolos ke putaran final sepanjang sejarah sepak bola mereka.

Tak ingin numpang lewat dan jadi bulan-bulan lawan, Filipina wajib mempersiapkan diri dengan baik. Kiprah di Piala AFF 2018 bisa jadi pemanasan.

"Kami akan jadi makin baik dengan pengalaman yang kami peroleh di Piala AFF," ujar Sven-Gorran Eriksson, pelatih Timnas Filipina.

"Kami berharap bisa meningkatkan performa kami dengan pemain yang lebih baik serta persiapan lebih panjang," imbuh Eriksson.

Timnas Filipina dianggap belum diperkuat komposisi terbaik di Piala AFF 2018 karena ada beberapa pemain bintang yang absen lantaran cedera atau lebih berkomitmen dengan klub asal mengingat Piala AFF tak masuk kalender resmi FIFA.

Namun, di Piala Asia 2019, pelatih asal Swedia itu dipastikan bisa memboyong bintang-bintang seperti Daisuke Sato, Patrick Strauss, Luke Woodland, Stephan Palla, hingga Neil Etheridge.

Penyerang langganan timnas, Javier Patino, juga sudah bisa kembali gabung tim di Piala Asia 2019 pasca absen di Piala AFF 2018 lantaran cedera. Tak hanya itu, manajer Timnas Filipina, Dan Palami, mengisyaratkan the Azkals akan diperkuat pendatang baru di turnamen sepak bola terbesar di Asia itu.

 

2 of 2

Peluang Sukses

Timnas Filipina diagendakan meninggalkan kampung halaman seusai Natal untuk menggelar pemusatan latihan singkat di Qatar jelang Piala Asia 2019 dan direncanakan menggelar uji coba melawan sesama kontestan Piala Asia 2019 asal ASEAN, Vietnam, pada malam tahun baru di Doha.

Sebagai catatan, Vietnam menyingkirkan Filipina di semifinal Piala AFF 2018. Filipina melaju ke semifinal dengan status runner-up Grup B, mengungguli Singapura, Indonesia, serta Timor Leste, namun di bawah Thailand yang jadi juara grup.

Tantangan Timnas Filipina di Piala Asia 2019 tak mudah karena sebagai debutan, mereka harus meladeni finalis edisi terakhir Piala Asia (2015), Korea Selatan di laga pertama penyisihan Grup C pada 7 Januari 2019.

Setelah itu Stephan Schrock dkk. menantang China (11 Januari 2019) serta Kirgizstan pada 16 Januari 2018.

"Jika kami berusaha dari diri sendiri dan juga secara tim, kami punya peluang bagus untuk sukses di Piala Asia," kata James Younghusband, salah seorang pemain langganan Timnas Filipina.

Sumber: The Inquirer

Lanjutkan Membaca ↓