Mantan Pelatih SEA Games Turun Tangan Bantu Thailand di Piala Asia 2019

Oleh Aning Jati pada 19 Des 2018, 13:45 WIB
Choketawee Promrut

Bola.com, Bangkok - Tahun 2018 bukan tahun menyenangkan buat Timnas Thailand. The War Elephants boleh dibilang terpuruk dalam dua turnamen besar, Asian Games dan Piala AFF.

Di Asian Games 2018 mereka gagal lolos dari fase penyisihan grup, sedangkan di Piala AFF, Timnas Thailand gagal mempertahankan gelar juara beruntun, setelah tersingkir di semifinal. 

Kondisi itu mendapat perhatian dari pelaku sepak bola Negeri Gajah Putih, satu di antaranya Choketawee Promrut. Mantan pelatih Timnas Thailand di SEA Games 2015 itu terketuk untuk turun tangan, memberi bantuan pada timnas yang akan berlaga di Piala Asia 2019.

Choketawee Promrut lantas direkrut Asosiasi Sepak Bola Thailand (FAT) sebagai asisten pelatih Milovan Rajevac di tim kepelatihan timnas senior.

"Dia bilang ingin menjadi bagian dalam tim. Kami memutuskan mendengarkan seruannya karena beberapa pemain dalam timnas saat ini pernah bermain bersamanya di SEA Games, Jadi, dia dekat dengan pemain," ujar Somyot Poompunmuang, Presiden FAT.

Bersama Choketawee, Timnas Thailand U-23 mampu merebut medali emas SEA Games 2015 di Singapura.

"Saya berharap bisa menggunakan pengalaman saya untuk membantu tim selama Piala Asia. Tugas utama saya, menjadi "penengah" di antara pemain dan pelatih kepala untuk memastikan suatu hal berjalan mulus," timpal Choketawee, yang juga mantan bek Timnas Thailand itu.

Tak hanya itu, FAT juga merekrut Julio Cesar Moreno, asisten pelatih Timnas Serbia di Piala Dunia 2010. Moreno ditugasi sebagai analis timnas.

"Dia akan menganalisis pertandingan dan pemain. Saya rasa dia akan berguna bagi timnas. Julio, orang yang sudah berpengalaman menganalisis banyak pertandingan internasional. Jadi, saya pikir ini akan berguna bagi timnas, terutama dalam hal menganalisis permainan dan pemain yang akan bermain bersama kami," tutur Somyot.

"Kami di FAT bekerja keras untuk membuat timnas jadi lebih kuat," tegasnya.

Pemain yang disiapkan untuk Piala Asia 2019 memasuki masa TC mulai Rabu (19/12/2018) hari ini. Timnas Thailand tergabung di Grup A bersama India, Bahrain, dan tuan rumah Uni Emirat Arab.

Sumber: Bangkok Post