5 Klub yang Berpotensi Menjadi Tujuan Jose Mourinho

Oleh Nurfahmi Budi pada 20 Des 2018, 10:07 WIB
Jose Mourinho di pabrik Jaguar (Foto:Carscoops)

Bola.com, Jakarta - Jose Mourinho berstatus pengangguran setelah dipecat Manchester United, Selasa (18/12/2018). Situasi terkini menciptakan banyak spekulasi terkait ke mana langkah berikutnya dari seorang Jose Mourinho.

Manchester United mendepak Jose Mourinho setelah serangkaian hasil buruk dalam sepekan terakhir. Kekalahan dari Liverpool dengan skor 1-3 menjadi titik kulminasi kesabaran para petinggi Manchester United.

Alhasil, ketuk palu perpisahan di tengah jalan menjadi kado tak mengenakkan bagi Mourinho jelang pergantian tahun. Performa Manchester United sepanjang 2018-2018 tergolong tak konsisten.

Berstatus tim raksasa, Manchester United terlempar dari persaingan area empat besar, yang biasanya mereka duduki. Saat ini Manchester United berada di posisi ke-6, dan wajib bekerja keras agar bisa masuk ke zona Liga Champions tahun depan, yakni minimal berada di peringkat empat.

Setelah keluar dari Carrington, bukan berarti Jose Mourinho bakal tak mendapat porsi atensi dari publik. Sebaliknya, khalayak bakal terus memendam rasa penasaran terkait ke mana dermaga berikutnya bagi The Special One.

Masa depan Jose Mourinho tak kalah panas dengan siapa yang bakal menangani Manchester United pada musim panas 2019. Secara logika, tak sulit bagi Mourinho mendapatkan klub yang ingin ditanganinya.

Namun, seperti biasa, Mourinho bakal selektif dengan apa yang akan menjadi bagian dari kelanjutan kariernya di pinggir lapangan. Opsi tim-tim besar sudah bermunculan. Berikut ini 5 klub yang berpotensi

Berikut ini lima tujuan yang bisa diambil Jose Mourinho setelah dipecat Manchester United, seperti dilansir Extra.

 

2 of 6

Bayern Munchen

Real Madrid vs Bayern Munchen
Louis van Gaal dan Jose Mourinho (AFP PHOTO / Christof Stache

Bayern Munchen terlihat kurang stabil dalam beberapa pekan terakhir. Sosok pelatih FC Hollywood, Niko Kovac mendapat ujian berat kala menjalani kehidupan di klub raksasa tersebut.

Saat ini Bayern Munchen duduk di posisi ke-3 klasemen sementara Bundesliga, terpaut sembilan poin dari Borussia Dortmund, yang berada di peringkat pertama. Kovac masih beradaptasi dengan momen transisi setelah beberapa pemain kunci sedang berada di ujung karier.

Menunjuk Mourinho tidak akan menjadi rencana jangka panjang buat Bayern Munchen. Namun, ia punya banyak pengalaman dalam membangun skuat baru. Meski tergolong mustahil, ide mengambil Mourinho tetap menjadi isu panas di ranah Jerman.

 

3 of 6

Inter Milan

img_mourinho-3.jpg
Pelatih Inter Milan Jose Mourinho sesaat setelah wasit meniup peluit akhir saat tim asuhannya menyingkirkan Barcelona pada semifinal Liga Champions 2010 di Nou Camp. (AFP PHOTO/PEDRO ARMESTRE)

Nama klub ini muncul berlatar kesuksean tim asal Italia itu bersama Jose Mourinho. Di sana sudah ada Luciano Spalletti, namun nyatanya tak cukup mendapat penghormatan layaknya Jose Mourinho, terutama dari fans Inter Milan.

Jose Mourinho pernah memberikan tiga gelar pada 2010. Tak heran jika dirinya mendapat apresiasi dan sangat dicintai Interisti. Mourinho pernah berujar suatu hari nanti akan kembali ke raksasa Italia dan gaya bermain defensifnya mungkin lebih cocok di Italia daripada di Inggris.

Jika keadaan Spalletti di Inter menjadi buruk, Mourinho bukan tidak mungkin bakal cepat kembali ke kota mode tersebut.

 

4 of 6

PSG

5 Klub yang Mungkin Jadi Pelabuhan Jose Mourinho
Paris Saint-Germain ( PSG ) mungkin menjadi salah satu klub yang jadi tempat Mourinho, Klub ini beberapa kali menjalin kontak dengannya sebelum Mourinho melatih Chelsea. (AFP Photo/Jack Guez/Charly Triballeau)

Opsi menuju Paris Saint-Germain (PSG) tergolong sulit, namun tidak berarti tertutup. Thomas Tuchel datang dengan hasrat PSG menguasai Liga Champions. Jika Jose Mourinho datang, kemungkinan ragam variasi atensi bakal bermunculan.

Bukan rahasia lagi jika Mourinho selalu memberi keriuhan. Efek lebarnya, Ligue 1 akan semakin terekspos. Raksasa Prancis itu tidak terlalu meyakinkan di kompetisi Eropa musim ini dan jika mereka gagal memenangkan kompetisi musim ini, Tuchel mungkin menuju pintu keluar.

PSG punya dana yang tidak terbatas dan jaminan trofi dan Mourinho pasti akan sangat senang berada di sana.

 

5 of 6

Timnas Portugal

img_madrid-levante-120212.jpg
Usai mencetak gol ketiga ke gawang Levante, bintang Real Madrid Cristiano Ronaldo disambut pelatihnya Jose Mourinho. Laga Real Madrid vs Levante di pekan ke-22 La Liga berlangsung di Santiago Bernabeu, 12 Februari 2012. Madrid unggul 4-2.

Hampir tidak mungkin membayangkan Mourinho memilih melatih klub di China atau Amerika. Ia tidak pernah bekerja dengan standar pemain yang lebih rendah. Namun menjauh dari pusat perhatian setelah hampir dua dekade mendominasi berita utama mungkin bisa sangat berguna untuk Mourinho.

Sepak bola internasional bisa memberi Mourinho banyak waktu menata pikiran. Meski sebelumnya pernah mengatakan tidak tertarik dengan sepak bola internasional, dia mungkin cocok untuk Timnas Portugal.

 

6 of 6

Real Madrid

Karim Benzema - Jose Mourinho
Karim Benzema menjadi ujung tombak Real Madrid ketika Jose Mourinho menangani klub tersebut.

Kembali ke Spanyol menjadi opsi logis bagi Jose Mourinho, dan arah yang meyakinkan adalah Real Madrid. Mourinho pernah mengantarkan raksasa Spanyol itu memenangkan gelar La Liga pada 2011-2012.

Namun, ia meninggalkan klub dalam keadaan panas pada 2013 setelah berseteru dengan sejumlah pemain kunci. Iker Casillas, Cristiano Ronaldo dan nama-nama besar lainnya sekarang sudah pergi dan presiden klub Florentino Perez masih tetap mengagumi pemenang dua gelar Liga Champions itu.

Saat ini Real Madrid sedang dalam kondisi yang tidak bagus. Walhasil, kedatangan Mourinho bisa terjadi dalam beberapa bulan mendatang.

Sumber: Bola.net

Lanjutkan Membaca ↓