Debutan Mendominasi Skuat Australia untuk Piala Asia 2019

Oleh Aning Jati pada 21 Des 2018, 08:15 WIB
Timnas Australia

Bola.com, Jakarta - Sama halnya Jepang dan Korea Selatan, pelatih Timnas Australia, Graham Arnold, sudah resmi mengumumkan 23 pemain yang akan dibawa ke Piala Asia 2019. Pengumuman dilakukan pada Kamis (20/12/2018). 

Seperti dilansir dari situs resmi AFC, rataan usia pemain Timnas Australia di Piala Asia 2019 adalah 26 tahun. Arnold menuturkan ia memadukan pemain muda dengan pemain berpengalaman di tim asuhannya.

"Secara individu maupun kolektif, pemain bertekad unggul dalam turnamen dan mengacu pada tiga TC yang berjalan positif yang kami gelar sejak September, kami tahu Australia akan memasuki Piala Asia dengan keakraban terbaik dalam kompetisi," kata Arnold.

Timnas Australia merupakan juara bertahan Piala Asia. Pada final edisi 2015, mereka menundukkan Korea Selatan dengan skor 2-1. Mempertahankan gelar pada edisi kali ini dipastikan jadi tantangan berat.

Pasalnya, tak ada lagi nama-nama yang akrab alias populer bagi pencinta sepak bola di luar Negeri Kanguru, semisal Indonesia. Tak ada lagi nama Tim Cahill. Mungkin nama paling tenar adalah bintang Huddersfield Town, Aaron Mooy.

Namun, kondisi Mooy pun masih dalam pantauan. Pasalnya, ia masih mengalami cedera pasca duel kontra Arsenal (8/12/2018). Federasi Sepak Bola Australia (FFA) sudah mengirim terapis untuk memastikan Mooy bisa secepatnya pulih, sebelum laga perdana di Piala Asia 2019 pada 5 Januari 2019.

Tantangan lain hadir lantaran dari 23 pemain yang masuk daftar tampil di Piala Asia 2019, 15 pemain di antaranya merupakan debutan di Piala Asia, atau, Piala Asia 2019 nanti merupakan Piala Asia pertama yang mereka ikuti.

"Sangat menarik bahwa 15 dari 23 pemain pemain akan menghadiri Piala Asia pertama mereka dan saya mengharapkan fans Australia akan menyaksikan performa bagus dari pemain-pemain itu dalam turnamen," ujarnya.

"Dalam waktu singkat yang saya miliki sejak menangani tim, saya merasa kami sudah melalui perjalanan panjang, dan kami akan mendatangi UEA dengan mengharapkan memenangi setiap pertandingan dan pada akhirnya mengangkat trofi pada awal Februari di Abu Dhabi," lanjut Arnold.

2 of 2

Daftar 23 Pemain Timnas Australia di Piala Asia 2019

Sang pelatih cukup optimistis karena dari 23 pemain itu, 22 di antaranya sudah merasakan tangan dinginnya sejak September 2018, baik dalam pemusatan latihan maupun pertandingan. Pengecualian satu pemain, Chris Ikonomidis.

Ikonomidis pantas masuk timnas, kendati paling akhir gabung, berkat penampilan apiknya bersama Perth Glory di A-League musim ini.

"Chris akan menambah kecepatan dan energi pada serangan kami, yang merupakan karakter utama dalam pemilihan pemain untuk turnamen ini."

"Kami akan bermain dengan enerjik, intensitas tinggi di UEA dan penyerang cepat yang kami pilih termasuk Chris, Mathew (Leckie), Robbie (Kruse), Awer (Mabil), Martin (Boyle), Andrew (Nabbout), dan Jamie (Maclaren) akan memudahkan kami menerapkan gaya kami," tutur Arnold.

Timnas Australia tergabung di Grup B bersama Suriah, Palestina, dan Yordania di penyisihan grup. Piala Asia 2019 digelar di Uni Emirat Arab (UEA) mulai 5 Januari hingga 1 Februari 2019.

Berikut daftar 23 pemain Timnas Australia di Piala Asia 2019

Kiper: Mitchell Langerak, Mathew Ryan, Daniel Vukovic

Belakang: Aziz Behich, Milos Degenek, Alex Gersbach, Rhyan Grant, Matthew Jurman, Josh Risdon, Trent Sainsbury, Mark Milligan

Tengah: Mustafa Amini, Chris Ikonomidis, Jackson Irvine, Massimo Luongo, Aaron Mooy, Tom Rogic

Depan: Martin Boyle, Robbie Kruse, Mathew Leckie, Awer Mabil, Jamie Maclaren , Andrew Nabbout

Sumber: AFC

Lanjutkan Membaca ↓