6 Fakta Menarik 3 Negara ASEAN di Piala Asia 2019

Oleh Aning Jati pada 04 Jan 2019, 07:15 WIB
Piala Asia 2019

Bola.com, Jakarta - Indonesia tak ikut dalam Piala Asia 2019. Namun, kawasan Asia Tenggara tetap mengirim wakil ke Piala Asia pada edisi tahun ini. Tiga negara ASEAN yang jadi peserta itu adalah Thailand, Vietnam, dan Filipina.

Indonesia berpotensi jadi kontestan pada Piala Asia 2019 yang jadi edisi ke-17 ini, seandainya pada fase kualifikasi tak terdiskualifikasi.

Pada kualifikasi itu, Timnas Indonesia tergabung di Grup F bersama Thailand, Irak, Vietnam, dan Chinese Taipei. Namun, Indonesia terkena diskualifikasi akibat jatuhnya sanksi FIFA pada Mei 2015.

Thailand, Irak, dan Vietnam kemudian lolos ke putaran ketiga kualifikasi dan akhirnya, seperti diketahui, menembus putaran final yang dilangsungkan di Uni Emirat Arab, 5 Januari-1 Februari 2019.

Sepanjang penyelenggaraan Piala Asia, jika dibandingkan negara lain di kawasan ASEAN, Indonesia sejatinya (17 edisi hingga tahun 2019) tak kalah dalam hal keikutsertaan.

Data menunjukkan Timnas Indonesia sejauh ini tampil dalam empat penyelenggaraan Piala Asia, yakni pada 1996, 2000, 2004, dan 2007. Hanya, prestasi terbaik, hanya sebatas fase penyisihan grup saja.

Di regional ASEAN, Indonesia hanya kalah dari Thailand, yang sudah tampil dalam tujuh penyelenggaraan Piala Asia. Sementara Vietnam juga tampil dalam empat edisi Piala Asia, seperti Indonesia.

Kejutan diberikan Filipina pada Piala Asia 2019. Untuk kali pertama sepanjang sejarah sepak bola negara itu, Filipina tampil jadi kontestan di Piala Asia.

Sebelum mengikuti kiprah negara-negara ASEAN di Piala Asia 2019, Bola.com merangkum fakta menarik yang disuguhkan Thailand, Vietnam, dan Filipina jelang bergulirnya turnamen paling besar di Benua Asia ini. Apa saja? 

2 of 2

6 Fakta Menarik

1. Thailand tampil dalam tujuh penyelenggaraan Piala Asia, paling banyak di antara negara di kawasan ASEAN. Prestasi terbaik Thailand sejauh ini, yakni finis pada peringkat ketiga, yang dicatatkan saat menjadi tuan rumah pada edisi 1972.

2. Vietnam memiliki jumlah keikutsertaan di Piala Asia seperti Indonesia, yakni empat kali. Namun, prestasi The Golden Stars lebih baik ketimbang yang dicatatkan Indonesia.

Dari jumlah keikutsertaan itu, Vietnam mampu finis di peringkat keempat sebanyak dua kali, yakni pada edisi 1956 dan 1960.

3. Nguyen Anh Duc jadi satu-satunya pemain di Timnas Vietnam saat ini yang jadi bagian The Golden Stars pada Piala Asia 2007, edisi terakhir sebelum Vietnam kembali tampil di Piala Asia. 12 tahun berselang, striker 33 tahun itu diprediksi masih tetap jadi andalan di lini depan Vietnam pada Piala Asia 2019.

4. Filipina lolos ke putaran final Piala Asia untuk kali pertama setelah menjuarai Grup F pada putaran ketiga kualifikasi. Satu gol Philip Younghusband saat the Azkals mengalahkan Tajikistan 2-1 pada laga terakhir penyisihan grup itu (27/3/2018), mengantar Filipina ke Piala Asia 2019.

Secara khusus, gol yang dicetak lewat penalti itu kontra Tajikistan menjadi gol ke-50 Philip buat Timnas Filipina. Saat ini koleksi gol Philip sudah bertambah. Ia sudah menorehkan 52 gol.

5. Selain menorehkan 51 gol, Philip Younghusband mencatatkan prestasi lain bersama Timnas Filipina. Namanya masuk daftar kapten tim dengan penampilan terbanyak di Piala Asia 2019. 

Sejauh ini Philip sudah mengantongi 105 caps. Jumlah itu seperti yang ditorehkan kapten Timnas Yordania, Anas Bani Yaseen.

6. Satu lagi pemain Timnas Filipina yang masuk daftar kapten tim di Piala Asia 2019 dengan caps terbanyak adalah James Younghusband. Saudara kandung Philip Younghusband itu menorehkan caps 100 bersama the Azkals dengan koleksi gol 12.

Sumber: Berbagai sumber

Lanjutkan Membaca ↓