5 Rekor Baru Cristiano Ronaldo di Sepanjang Tahun 2018

Oleh Liputan6.com pada 05 Jan 2019, 09:45 WIB
Juventus Vs Manchester United

Jakarta - Sinar Cristiano Ronaldo seperti tak pernah padam. Penyerang yang kini membela Juventus itu sudah begitu banyak memenangkan gelar dalam kariernya.

Musim ini, sejak pindah dari Real Madrid, pemain asal Portugal telah mampu berkontribusi banyak untuk Juventus. Setidaknya, telah 14 gol dia lesakkan bersama La Vecchia Signora di Serie A.

Sepanjang karier, Cristiano Ronaldo sudah mengoleksi trofi Liga Champions sebanyak lima kali. Selain itu, ia juga berhasil memenangkan trofi Ballon d'Or dalam lima kesempatan.

Ronaldo juga sudah memecahkan banyak rekor dalam kariernya. Pemain asal Portugal itu memiliki tahun yang luar biasa pada 2018 karena ia berhasil memecahkan sejumlah rekor selama satu tahun kemarin.

Berikut ini lima rekor yang dipecahkan Cristiano Ronaldo pada tahun 2018 seperti dilansir foxsportsasia.com.

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini.

2 of 6

Nominasi Ballon d'Or Terbanyak

Juventus Vs Atalanta
Striker Juventus, Cristiano Ronaldo, melakukan selebrasi usai membobol gawang Atalanta pada laga Serie A di Stadion Atleti Azzurri, Rabu (26/12). Kedua tim bermain imbang 2-2. (AP/Paolo Magni)

Terjadi perubahan tren dalam Ballon d'Or setelah Luka Modric keluar sebagai pemenang bulan lalu dengan mematahkan dominasi Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. Namun demikian, itu tidak menghentikan Ronaldo untuk membuat rekor Ballon d'Or lainnya meskipun tidak menang.

Bintang Portugal itu mencatatkan rekor setelah masuk nominasi sebanyak 15 kali dalam perhargaan individu paling bergengsi dalam dunia sepak bola.

Bagi seseorang yang karier profesionalnya dimulai 17 tahun yang lalu, itu adalah prestasi luar biasa.

3 of 6

Pesepakbola Berusia 30+ Termahal

Ronaldo Cetak Gol ke-5.000 Juventus di Serie A
Pemain Juventus, Cristiano Ronaldo (kanan) mendekati Giorgio Chiellini usai mencetak gol ke gawang Torino dalam Serie A Italia di Stadion Olimpiade, Turin, Italia, Sabtu (15/12). Gol Ronaldo menjadi gol ke-5.000 Juventus di Serie A. (Marco BERTORELLO/AFP)

Ketika Cristiano Ronaldo bergabung dengan Real Madrid pada musim panas 2009 dengan harga 80 juta pounds, ia menjadi pemain termahal di dunia saat itu. Meski harga sebesar itu sekarang sangat umum, ia melakukan yang lebih baik beberapa bulan lalu.

Juventus merekrut Ronaldo pada musim panas 2018 dengan harga 105 juta pounds. Itu membuatnya menjadi pemain berusia 30 tahun lebih paling mahal sepanjang masa. Pada saat pindah, bintang Portugal itu berusia 33 tahun.

4 of 6

9 Gol Turnamen Internasional Berturut-turut

Pemain Terbaik, Nominasi FIFA 2018, Lionel Messi
5. Cristiano Ronaldo - Penyerang Real Madrid (Portugal). (AP/Francisco Seco)

Gol dan Ronaldo tidak bisa dipisahkan dalam dunia sepakbola.

Ketika Portugal menghadapi Spanyol di pertandingan grup B Piala Dunia 2018, Ronaldo berhasil mencetak hattrick melawan mantan juara dunia itu.

Namun, dengan gol-gol itu, Ronaldo juga menjadi pemain Eropa pertama yang mencetak gol dalam 9 turnamen internasional berturut-turut.

5 of 6

Pencetak Gol Terbanyak di Eropa

Portgal, Cristiano Ronaldo, Piala Dunia 2018
Cristiano Ronaldo menyapa fans saat menuju ruang ganti usai timnya kalah dari Uruguay pada laga 16 besar Piala Dunia 2018 di Fisht Stadium, Sochi, Rusia, (30/6/2018). Portugal kalah 1-2 dari Uruguay. (AP/Darko Vojinovic)

Ronaldo seperti anggur; dia terus membaik seiring bertambahnya usia. Dalam kancah sepak bola, Ronaldo membuat banyak orang terkesan dengan performanya di liga, tetapi ia kurang begitu sukses ketika bermain untuk Portugal.

Meskipun begitu, mantan superstar Manchester United itu juga tidak kalah tajam dengan jersey internasionalnya. Ia sudah mencetak 85 gol untuk Portugal dalam 154 pertandingan dan menjadikannya pencetak gol tertinggi dari Eropa di arena internasional.

  

6 of 6

5 Medali Liga Champions

Lima Kali Juara Liga Champions, Cristiano Ronaldo Cetak Rekor Baru
Penyerang Real Madrid Cristiano Ronaldo menggendong trofi sambil menunjukkan lima jarinya usai menjadi juara Liga Champions di Stadion NSK Olimpiyskiy, Ukraina (26/5). (AP/Pavel Golovkin)

Paco Gento mungkin sudah memenangkan enam Piala Eropa tetapi dalam format kompetisi klub terbesar Eropa saat ini, Cristiano Ronaldo tidak tertandingi. Pemain Portugal itu memenangkan medali Liga Champions ke-5 bersama Real Madrid pada tahun 2018.

Alhasil, Ronaldo sekarang menjadi pemegang gelar Liga Champions paling banyak dalam format saat ini. Paolo Maldini juga memiliki 5 medali Eropa tetapi dua di antaranya terjadi ketika Liga Champions masih bernama Piala Eropa.

Sumber: Bola.net

Lanjutkan Membaca ↓