Piala Asia 2019: Timnas Korea Selatan Susah Payah Tundukkan Filipina

Oleh Yus Mei Sawitri pada 07 Jan 2019, 22:33 WIB
Piala Asia 2019 Logo

Bola.com, Dubai - Timnas Korea Selatan dipaksa berjuang keras saat berjibaku melawan Timnas Filipina pada laga perdana Grup D Piala Asia 2019, di Rashid Al Maktoum Stadium, Uni Emirat Arab, Senin (7/1/2018). Tim juara Asian Games 2018 tersebut hanya menang tipis 1-0 atas Filipina. 

Gol tunggal kemenangan Timnas Korea Selatan dicetak melalui aksi Hwang Ui-jo pada menit ke-67. Meski menguasai penuh jalannya pertandingan, Korsel gagal menambah gol hingga pertandingan selesai. 

Filipina yang kurang diunggulkan pada pertandingan ini bermain sangat ulet dan rapi dalam bertahan. Penguasaan bola kedua tim juga sangat timpang. Korsel mampu mencatatkan penguasaan bola hingga 82 persen, sedangkan tim besutan Sven Goran Eriksson hanya 18 persen. 

Meski demikian, The Azkals bisa membuat para pemain Korsel frustrasi. Bahkan, Filipina juga masih mampu mencatat dua tendangan mengarah ke gawang. Di sisi lain, Korsel membukukan lima tembakan ke gawang. 

Namun, pertahanan rapat Filipina akhirnya jebol juga pada babak kedua.  

Sementara itu, pada pertandingan lain China juga bersusah payah meraih kemenangan 2-1 atas Kyrgistan di Khalifa bin Zayed Stadium, di Al Ain. Tim besutan Marcelo Lippi sempat tertinggal lebih dulu pada babak pertama, sebelum bangkit membalikkan kedudukan pada babak kedua. 

Kyrgistan berhasil mendominasi permainan pada babak pertama. Hasilnya, mereka mampu memecah kebuntuan pada menit ke-43 melalui Akhlidin Israilov. 

Tak mau kalah begitu saja, China menaikkan tempo permainan dan balik mendominasi pada babak kedua. Lima menit memasuki babak kedua, tepatnya menit ke-50 Kyrgistan melakukan kesalahan. Kiper mereka, Pavel Matiash membuat gol bunuh diri saat mengantisipasi bola serangan dari pemain China. 

Gol kemenangan yang ditunggu China datang pada menit ke-78. Gol tersebut dicetak Yu Dabao yang membuat China berhasil memenangi laga perdana di Grup D Piala Asia 2019