Filipina Bangga Membuat Korsel Berkeringat di Piala Asia 2019

Oleh Aning Jati pada 08 Jan 2019, 22:00 WIB
Timnas Filipina

Bola.com, Jakarta - Timnas Filipina makin membuktikan mereka tak pantas diremehkan di jagat sepak bola Asia, terutama Asia Tenggara. Menantang Korea Selatan pada matchday pertama penyisihan Grup C Piala Asia 2019 (7/1/2019), Filipina yang satu dekade silam masih kerap jadi bulan-bulanan lawan, "hanya" kalah 0-1.

Korea Selatan dibuat berkeringat sepanjang pertandingan. Butuh 67 menit sebelum striker Hwang Ui-jo mampu menjebol gawang Timnas Filipina yang dikawal Michael Falkesgaard. Hanya itu gol yang mampu dilesakkan the Taeguk Warriors dalam laga ini.

Kendati pada akhirnya kalah, skuat Filipina tetap bangga dengan penampilan yang mereka tunjukkan pada laga bersejarah itu.

"Pada babak pertama, saya rasa kami bermain sangat luar biasa. Kami tim yang bagus. Kami ingin terus melaju," kata bek Luke Woodland.

"Kami sangat bangga. Korea punya banyak pemain bagus, mereka padu dan lebih baik ketimbang rata-rata tim Asia lain. Kami mengejutkan semuanya dengan performa di laga ini. Kami bermain sangat bagus," timpal gelandang Stephan Schrock.

Pada laga ini pelatih Sven-Goran Eriksson memberi tugas Schrock sebagai kapten tim lantaran langganan kapten, Philip Younghusband, baru diturunkan pada menit ke-88.

Philip berujar satu di antara kunci the Azkals hanya kebobolan satu gol adalah kemampuan mempertahankan skor 0-0 dalam waktu cukup lama.

"Makin lama skor 0-0 tercipta, makin membuat kami percaya diri. Setiap pemain bekerja keras di tim ini. Jika Anda kehilangan konsentrasi atau "tertidur", Korsel akan mengambil keuntungan" ujarnya.

2 of 2

Pengakuan Korsel

Gelandang Korsel, Lee Chung-yong, mengakui dirinya dan rekan satu tim dibuat bekerja keras oleh Filipina sebelum akhirnya menang.

"Semuanya berpikir Korea akan memenangi laga ini, tapi kami melihat di babak pertama sama sekali tak gampang. Ini laga yang berat buat kami. Kami senang dengan hasil akhirnya karena kami menang, tapi Filipina tim bagus. Mereka punya masa depan bagus di turnamen ini," puji Lee, mantan pemain Crystal Palace.

Timnas Filipina akan melanjutkan perjuangan di Piala Asia 2019 dengan melawan China pada matchday kedua Grup C, Jumat (11/1/2019).

Sumber: The Inquirer

Lanjutkan Membaca ↓