Thailand Bakal Merombak Gaya Main di Piala Asia 2019

Oleh Aning Jati pada 09 Jan 2019, 06:15 WIB
Timnas Thailand

Bola.com, Jakarta - Pengganti Milovan Rajevac di kursi pelatih kepala Timnas Thailand, Sirisak Yodyadthai, menjanjikan membawa perubahan dalam tim di Piala Asia 2019 demi membahagiakan fans.

Timnas Thailand secara mengejutkan digulung India pada laga pertama di penyisihan Grup A Piala Asia 2019 dengan skor 1-4 (6/1/2019). Hanya beberapa jam setelah kekalahan memalukan itu, Federasi Sepak Bola Thailand (FAT) memecat Rajevac.

Padahal, semula FAT baru berencana mendepak Rajevac seandainya gagal membawa Thailand melaju ke fase gugur (16 besar). Namun, ternyata, ancaman itu direalisasikan lebih dini.

Sirisak, yang menerima estafet dari Rajevac, menatap dua laga sisa di penyisihan Grup A Piala Asia 2019 dengan optimisme. Ia akan dibantu mantan pelatih Timnas Thailand U-23 di SEA Games 2015, Choketawee Promrut, di kursi asisten pelatih.

Rumor yang beredar menyebut sebelum terjun di Piala Asia 2019, kalangan pemain tak menyukai Rajevac dan taktik defensif yang diusung mantan pelatih Ghana di Piala Dunia 2010 itu. Pemain menuntut gaya permainan yang lebih agresif.

Imbasnya, performa Thailand jauh dari kesan impresif dan puncaknya, kegagalan mempertahankan gelar juara Piala AFF 2018 setelah disingkirkan Malaysia di semifinal.

Rumor lain bahkan menyebut petinggi FAT dan pemain mengadakan pertemuan tanpa Rajevac setelah Timnas Thailand menelan kekalahan kali pertama dalam 32 tahun terakhir dari India itu. Pemain dikabarkan sepakat, enggan bermain buat Rajevac.

2 of 2

Merombak Tim

"Jika kami bahu-membahu dan bekerja bersama, saya yakin kami bisa memperbaiki hasil tim," kata Sirisak.

"Setelah bicara dengan Choketawee, kami memutuskan harus mengubah seluruh sistem; taktik, formasi bermain, dan pertahanan kami. Kami kebobolan terlalu banyak gol di babak kedua (melawan India) karena fokus yang longgar," lanjut mantan pelatih Thai Honda di Thai League itu.

"Kami harus datang dengan pendekatan baru yang akan memberi kami poin. Choketawee dan saya yakin situasi tim akan menjadi lebih baik dalam dua pertandingan berikutnya," imbuh pelatih 49 tahun itu.

Timnas Thailand masih punya dua pertandingan di penyisihan Grup A Piala Asia 2019, melawan tuan rumah Bahrain (10/1/2019) dan tuan rumah Uni Emirat Arab (14/1/2019).

Sumber: The Nation

Lanjutkan Membaca ↓