Piala Asia 2019: Vietnam Mengakui Kalah Kelas dari Iran

Oleh Aning Jati pada 13 Jan 2019, 09:15 WIB
Nguyen Quang Hai

Bola.com, Abu Dhabi - Timnas Vietnam gagal memberikan kejutan di Piala Asia 2019. Hingga laga kedua, satu di antara wakil Asia Tenggara ini belum mendulang satu pun kemenangan. Pada matchday kedua, Sabtu malam WIB (12/1/2019), giliran Iran yang menaklukkan tim asuhan Park Hang-seo itu.

Seusai pertandingan, gelandang Timnas Vietnam yang juga kapten tim, Nguyen Quang Hai, mengakui kelas Iran. Hai secara tersirat mengakui Vietnam kalah kelas dari Iran.

"Iran tim kuat. Mereka nomor satu di Asia," ujar Hai.

"Mereka menunjukkan level mereka di pertandingan ini, meski kami juga sudah memberikan yang terbaik. Kami bangga dengan penampilan dan semangat kami," imbuh Hai, yang meraih gelar Pemain Terbaik (Most Valuable Player) di Piala AFF 2018 itu.

Kekalahan ini membuat Vietnam belum mengoleksi satu poin pun di Piala Asia 2019 lantaran di laga pertama (8/1/2019), the Golden Stars kalah 2-3 dari Irak.

Meski peluang tipis, Timnas Vietnam masih punya peluang melaju ke fase 16 besar dengan syarat harus mampu mengalahkan Yaman pada laga terakhir Grup D. Jika bisa menang, raihan tiga poin bisa plus selisih gol bisa membawa mereka lolos dari jalur empat tim peringkat ketiga terbaik.

"Banyak yang berpikir Yaman itu tim lemah, tapi kami tidak. Tak peduli siapa lawan yang kami hadapi di turnamen ini, kami akan menunjukkan mereka respek. Pada laga terakhir, kami akan mencoba memberikan yang terbaik untuk mengalahkan Yaman dan lolos ke fase gugur," tutur Hai.

Di sisi lain, Iran memang berstatus raksasa Asia. Timnas berjulukan Team Melli ini langganan tampil di Piala Dunia. Sementara di Piala Asia, mereka sudah tiga kali jadi juara, yakni pada edisi 1968, 1972, dan 1976.

 

2 of 2

Melawan Nomor Satu di Asia

Di Piala Asia 2019 ini, Iran kembali difavoritkan jadi satu di antara kandidat peraih gelar juara.

Di lapangan, Iran membuktikan label tim nomor satu di Asia sesuai ranking FIFA per 20 Desember 2018. Iran menduduki peringkat ke-29 dunia atau yang tertinggi antara negara anggota AFC.

Tak ayal, Timnas Vietnam dibuat kesulitan mencetak gol sepanjang pertandingan, meski the Golden Stars sebenarnya juga berstatus tim nomor satu di ASEAN setelah memenangi Piala AFF 2018.

Berbeda dengan Vietnam, kemenangan ini memastikan langkah Iran ke babak 16 besar setelah mendulang poin enam dari dua pertandingan. Pada laga pamungkas Grup D, Iran akan bersua Irak, yang juga mengoleksi poin enam, untuk memperebutkan status juara grup.

Sumber: Vietnam News

Lanjutkan Membaca ↓