2 Kunci Keberhasilan Timnas Thailand Lolos ke 16 Besar Piala Asia 2019

Oleh Zulfirdaus Harahap pada 15 Jan 2019, 18:15 WIB
Timnas Thailand

Bola.com, Al Ain - Timnas Thailand secara mengejutkan berhasil melenggang ke babak 16 besar Piala Asia 2019. Pelatih Sirisak Yodyadthai menyebut ada dua kunci keberhasilan tim Gajah Perang melenggang ke fase knock out.

Thailand lolos dengan predikat runner-up Grup A setelah mengemas empat poin hasil sekali menang, sekali imbang, dan sekali kalah. Pada laga pamungkas, Chanathip Songkrasin dkk. berhasil mengimbangi tuan rumah Uni Emirat Arab dengan skor 1-1.

Raihan satu poin sudah cukup buat Thailand melaju ke babak selanjutnya. Sebab, pada pertandingan lain Bahrain juga tampil mengejutkan dengan mengalahkan India.

"Sebelum pertandingan hari ini, saya khawatir karena akan menghadapi laga sulit melawan tim tuan rumah. Akan tetapi, tim sudah bersiap untuk melakoni pertandingan. Kami sudah lolos dan saya sangat bahagia, terutama buat suporter Thailand," kata Sirisak Yodyadthai seperti dikutip situs resmi AFC, Selasa (15/1/2019).

Perjalanan Thailand di Piala AFC 2019 tidaklah mudah. Mereka sempat menelan kekalahan 1-4 dari India pada laga pembuka yang membuat pelatih Milovan Rajevac dipecat. Timnas Thailand kemudian bangkit di bawah asuhan Sirisak Yodyadthai dan meraih kemenangan 1-0 atas Bahrain, hasil yang membuat peluang mereka melaju ke babak selanjutnya menjadi terbuka.

"Setelah kekalahan dari India, berbagai hal tidak bagus terjadi di dalam tim kami. Ketika saya datang, maka saya harus mengubahnya," ujar pelatih berusia 49 tahun itu.

"Saya memasukkan tekad dan motivasi besar dalam tim dan dalam dua pertandingan terakhir saya bisa melihat para pemain bertekad untuk berbuat lebih baik dan mendapatkan hasil positif. Saya sangat bangga, bahagia, dan bersyukur kami sudah membuat sejarah untuk Timnas Thailand," tegas Sirisak Yodyadthai.