Pesan Spesial Menyejukkan Pele kepada Maradona

Oleh Marco Tampubolon pada 15 Jan 2019, 21:40 WIB
Piala Dunia 2018, Rusia, Drawing Piala Dunia 2018

Jakarta - Diego Maradona dan Pele dikenal tidak akur. Kedua legenda hidup sepak bola tersebut selalu berseteru mengenai siapa yang paling hebat saat mereka masih aktif di lapangan hijau. 

Pele selalu membanggakan diri sebagai satu-satunya pemain yang mampu meraih 3 gelar juara dunia. Sementara itu, Maradona yang baru sekali membawa negaranya menjadi juara dunia menganggap Pele tidak lebih baik karena tidak pernah bermain di Eropa seperti dia.

Persaingan mereka mirip yang dialami Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi saat ini. Meski demikian, rivalitas tersebut tidak berlaku saat sudah berkaitan dengan masalah kesehatan. Pele tetap memberikan dukungan moril kepada Maradona yang baru keluar dari rumah sakit.

Seperti dilansir Marca, Maradona baru saja menjalani operasi untuk mengobati pendarahan usus yang dialami. Mengetahui hal ini, Pele lalu mengirim pesan lewat Twitter. 

"Hei Diego," tulis Pele. "Saya sepertinya belum pernah mendengar kalau grup pemiliki nomor 10 tidak sehat. Saya harap kamu segera pulih temanku," ujar eks striker timnas Brasiil itu.  

Kesehatan Maradona belakangan ini memang tidak menentu. Pada Piala Dunia 2018 lalu, pria berusia 58 tahun bahkan sempat pingsan. Dia semaput saat tengah menyaksikan pertandingan Argentina melawan Nigeria dan sempat mendapatkan perawatan tim medis. 

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini.

2 of 2

Pele Lebih Buruk

Maradona dan Pele
Selama ini Maradona dan Pele memang dikenal tidak akur dan sering saling serang dengan kata-kata pedas terutama terkait persaingan antara Argentina dan Brasil di kancah sepak bola dunia. (AFP/Patrick Kovarik)

Kesehatan Pele juga sama. Sejak 2012, pria yang pernah merasakan 3 gelar juara dunia bersama timnas Brasil itu sudah berulangkali masuk rumah sakit. Beberapa tahun lalu, pria yang sudah berusia 78 tahun itu, sempat menjalai operasi tulang punggung di Sao Paulo. 

Sebelumnya, Pele juga sempat dirawat selama empat hari untuk menjalani operasi pembesaran prostat. Selain itu, Pele juga pernah  menjalani operasi batu ginjal yang berujung dengan infeksi hingga mengharuskannya dirawat intensif selama beberapa hari.

Pele saat ini hidup dengan satu ginjal. Ginjal lainnya telah diangkat menyusul cedera tulang rusuk yang pernah dideritanya saat masih aktif bermain. Dia pun harus berhenti bekerja dan ditangani dengan cuci darah. Dia juga menjalani operasi tulang paha pada November 2012.

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

 

Lanjutkan Membaca ↓