Piala Asia 2019: Vietnam Lolos Dramatis ke Babak 16 Besar

Oleh Okky Herman Dilaga pada 18 Jan 2019, 01:17 WIB
Vietnam vs Yaman

Bola.com, Abu Dhabi - Kejadian menarik dialami empat negara di Piala Asia 2019. Kyrgystan, Oman, Vietnam, dan Lebanon harus berjuang lolos ke babak 16 besar melalui jalur peringkat ketiga terbaik.

Dari enam negara di tiap grup, hanya empat negara yang berhak lolos dari fase grup. Perhitungan poin diklasifikasikan menurut tingkatan tertinggi, yakni poin, selisih gol, produktivitas gol, poin kedisiplinan, dan terakhir undian.

Kyrgystan dan Oman sebenarnya sama-sama lolos ke babak 16 besar. Namun, dua negara itu mengumpulkan poin sama, yakni tiga poin, dengan selisih gol (4-4) dan produktivitas gol (0) yang sama pula.

Maka penentuan urutan klasemen penentuan peringkat ketiga terbaik dilakukan melalui poin kedisiplinan. Atas dasar tersebut, posisi Kyrgystan (-5) lebih baik ketimbang Oman (-6).

Yang sama juga berlaku untuk Vietnam dan Lebanon. Vietnam dan Lebanon memiliki poin, selisih gol (4-5), dan produktivitas gol yang sama (-1). Namun malang bagi Lebanon yang tersingkir karena poin kedisiplinannya minus tujuh, sementara Vietnam hanya minus lima.

Kyrgystan, Oman, dan Vietnam pun berhak melaju ke putaran berikutnya Piala Asia 2019. Mereka menemani Bahrain yang menjadi pemuncak peringkat ketiga terbaik dengan raihan empat poin.

 

2 of 2

Klasemen Peringkat Ketiga Terbaik Piala Asia 2019

Berikut ini adalah klasemen peringkat ketiga terbaik Piala Asia 2019:

1. Bahrain - 4 poin

2. Kyrgystan - 3 poin (unggul poin kedisiplinan atas Oman)

3. Oman - 3 poin

4. Vietnam - 3 poin (unggul poin kedisiplinan atas Lebanon)

5. Lebanon - 3 poin

6. Palestina - 2 poin

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini:

Lanjutkan Membaca ↓