Duo Younghusband Tanpa Klub Setelah Kiprah Filipina di Piala Asia 2019 Berakhir

Oleh Aning Jati pada 18 Jan 2019, 21:00 WIB
Philip Younghusband

Bola.com, Jakarta - Empat pemain Timnas Filipina berstatus tanpa klub setelah membela the Azkals di Piala Asia 2019. Hal ini cukup ironis karena the Azkals sedang memperlihatkan grafik menanjak di sepak bola Asia Tenggara dan bahkan Asia.

Empat pemain Timnas Filipina yang saat ini tak punya klub itu, yakni duo bersaudara Younghuband, Philip dan James, serta Adam Reed, dan Alvaro Silva.

Keempatnya sudah tahu bakal "menganggur" setelah kiprah Timnas Filipina di Piala Asia 2019 berakhir. Pasalnya, keempatnya bergabung ke Timnas Filipina dalam status ketidakpastian menyangkut kiprah personal mereka.

Mereka membela the Azkals, yang tampil di Piala Asia untuk kali pertama dalam sejarah sepak bola Filipina, tanpa tahu di mana mereka bermain selanjutnya.

Ketika itu keempatnya mengaku masih memfokuskan segalanya untuk Timnas Filipina dan kiprah bersejarah di Piala Asia 2019. Namun, kini mereka mau tak mau harus segera mencari klub baru karena Filipina sudah tersingkir dari turnamen sepak bola paling bergengsi di Asia itu.

Tiga pemain, Philip dan James Younghusband dan Adam Reed, tak punya klub setelah klub sebelumnya, Davao Aguilas, mendadak menarik diri dari sebagai kontestan Philippine Premier League 2019, pada medio Desember 2018.

Tim Davao Aguilas dibubarkan dan ketiganya jadi pengangguran. Padahal, secara khusus, duo Younghusband punya nama besar di pentas sepak bola Asia Tenggara.

Banyak kalangan terkejut dengan keputusan mundurnya Davao Aguilas. Namun, Davao Aguilas jadi klub ketiga yang memilih menarik diri sebagai peserta Philippine Premier League.

Sebelum Philippine Premier League musim 2018 bergulir, sudah ada dua klub yang mundur. Dua klub itu adalah Ilocos United dan Meralco Manila. Jadi, total sudah ada tiga klub yang mundur dari liga profesional Filipina yang baru dilahirkan itu.

Berbeda dengan tiga rekannya, Alvaro Silva berstatus tanpa klub setelah kontraknya tak lagi diperpanjang Kedah FA pada akhir Liga Super Malaysia 2018.

Pemain kelahiran Spanyol itu pernah mengikuti latihan Arema pada 2016, namun batal gabung dengan tim Singo Edan karena ia meminta banyak revisi dalam detail kontraknya.

Di sisi lain, Philippine Premier League 2019 dijadwalkan bergulir mulai Maret 2019. Dengan begitu, tak banyak waktu tersisa buat keempatnya mencari klub baru. 

Sumber: The Inquirer