3 Pemain Muda yang Memesona di Piala Asia 2019

Oleh Zulfirdaus Harahap pada 20 Jan 2019, 07:15 WIB
Trivia 3 Bintang Belia yang Melejit di Piala Asia 2019

Bola.com, Jakarta - Piala Asia 2019 telah memainkan seluruh pertandingan babak penyisihan grup. Dalam laga-laga tersebut terdapat banyak kejutan mulai dari tim yang lolos dan tersingkir, hingga munculnya para pemain muda yang memesona.

Sebanyak 36 laga telah dimainkan selama babak penyisihan yang berasal dari Grup A-F. Dari pertandingan-pertandingan tersebut tercipta 96 gol.

Artinya, dalam satu pertandingan rata-rata terjadi 2,67 gol. Hal ini menunjukkan betapa ketatnya persaingan yang terjadi sepanjang babak penyisihan.

Sama seperti turnamen sepak bola lainnya, Piala Asia 2019 menjadi momentum yang sempura dari munculnya pada pemain muda. Pemain-pemain ini berhasil menunjukkan penampilan terbaik yang kebanyakan masih berusia di bawah 25 tahun.

Perburuan sepatu emas Piala Asia 2019 pun diyakini masih akan berlangsung sengit sampai akhir. Penyebabnya antara lain karena masih banyak pemain yang berpeluang untuk menahbiskan diri sebagai pencetak gol terbanyak turnamen elite antarnegara di Asia itu.

Lantas, siapa saja pemain yang tampil tajam selama babak penyisihan? Berikut ini 3 pemain yang mampu memberikan penampilan memesona sepanjang penyisihan grup di Piala Asia 2019 versi Bola.com:

2 of 4

Sardar Azmoun (Timnas Iran)

Penyerang Timnas Iran, Sardar Azmoun, tampil impresif sepanjang penyisihan grup Piala Asia 2019. (AFP/Khaled Desouki)

Timnas Iran tampil impresif sepanjang babak penyisihan Grup D Piala Asia 2019. Hal itu tak terlepas dari peran Sardar Azmoun yang tampil apik di lini depan tim berjuluk Team Melli itu.

Sebanyak tiga gol berhasil dicetak Azmoun di penyisihan grup dengan rincian satu gol ke gawang Yaman dan dua gol ke gawang Vietnam. Pemain berusia 24 tahun itu hanya gagal menjebol gawang Irak.

Pada babak selanjutnya, Iran akan menghadapi Oman pada 20 Januari 2019. Ketajaman Azmoun tentu sangat diharapkan pelatih Carlos Queiroz untuk membantu Iran melaju ke perempat final Piala Asia 2019.

3 of 4

Eldor Shomurodov (Timnas Uzbekistan)

Penyerang Timnas Uzbekistan, Eldor Shomurodo, tampil memukau sepanjang babak penyisihan grup Piala Asia 2019. (AFP/Giuseppe Cacace)

Timnas Uzbekistan beruntung memiliki penyerang sekelas Eldor Shomurodov di Piala Asia 2019. Pemain berusia 23 tahun itu mampu tampil tajam di lini depan tim berjuluk White Wolves itu.

Sebanyak empat gol sudah dicetak Shomurodov sepanjang babak penyisihan grup. Pemain berpostur 190 cm itu tercatat sukses menjebol gawang Oman sekali, Turkmenistan dua kali, dan Jepang sekali.

Sayang, ketajaman Shomurodov hanya mampu mengantarkan Uzbekistan sebagai runner-up Grup F. Pada babak 16 besar, pasukan Hector Cuper akan menghadapi lawan berat yakni Australia (21/1/2019).

4 of 4

Almoez Ali (Timnas Qatar)

Penyerang Qatar, Almoez Ali, tampil impresif sepanjang penyisihan grup Piala Asia 2019 dengan menyumbang 7 gol. (AFP/Giuseppe Cacace)

Piala Asia 2019 dimanfaatkan dengan baik oleh Almoez Ali untuk mengeluarkan semua kemampuannya di lapangan. Menjadi penyerang utama di Timnas Qatar, pemilik nama lengkap Almoez Ali Zainalabiddin Abdulla menjelma menjadi predator yang ganas.

Sebanyak 7 gol telah dicetak pemain 22 tahun itu dalam tiga laga yang digelar di babak penyisihan grup. Jumlah itu membuat namanya menjadi menjadi pencetak gol terbanyak sementara di Piala Asia 2019.

Seluruh peserta Grup D sudah merasakan ketajaman dari pemain yang merumput di Al-Duhail SC dengan rincian satu gol ke gawang Lebanon, empat gol ke gawang Korea Utara, dan dua gol ke gawang Arab Saudi.

Lanjutkan Membaca ↓