VIDEO: Gol Helmy Pastikan Kemenangan CIA Amistad di Liga Spanyol U-19

Oleh Reza Bachtiar pada 20 Jan 2019, 19:49 WIB

Bola.com, Jakarta Helmy Putra Damanik, pemain muda Indonesia yang bermain untuk CIA Amistad, mencetak gol penting demi raihan angka timnya di Liga Division de Honor, kasta tertinggi Liga Spanyol U19.  Helmy menceploskan satu gol ke gawang lawan, sehingga pertandingan dimenangkan CIA Amistad 1 – 0 atas UD Santa Marta, Sabtu (19/1/2019) waktu setempat di Stadion La Balastera Palencia.

 

Sejak peluit awal berbunyi, pertandingan langsung dimulai dengan banyak saling serang antara kedua tim. Peluang pertama di menit ke-26 diciptakan tim tamu, UD Santa Marta, melalu pemain tengahnya, Eloy, yang menembus tepi area penalti namun tendangannya masih melenceng ke kiri gawang. Semenit kemudian, CIA Amistad dengan pelatihnya Manu Gañán, menciptakan serangan balasan. Sebuah crossing dari Alvi yang disambut tembakan ke gawang oleh Blanco, namun  keluar kanan gawang UD Santa Marta yang dikawal Kike.

Sebelas menit sebelum istirahat, pemain Palencia mendapatkan sebuah peluang kembali. Umpan manis depan gawang dari Rubén, tak bisa dimanfaatkan Campos dengan baik. Babak pertama, pertandingan berakhir 0-0.

Saat babak kedua dimulai, CIA masuk ke lapangan dengan lebih banyak intensitas. Di menit ke-59 adalah Rubén yang menembak dari tepi area penalti dan bola muntah itu disambung oleh Campos tetapi dia offside terlebih dahulu. Dua menit kemudian ada perubahan posisi di CIA, yaitu Cuellar di perintahkan untuk bermain agak lebih kedepan untuk membantu Edu di barisan atas.

Permainan itu menyulitkan tim UD Santa Marta yang kini tinggal sepuluh pemain karena di menit ke-65, Jose dikeluarkan dari lapangan karena mendapatkan kartu kuning kedua setelah memotong serangan balik dari pemain Palencia.

Sembilan menit sebelum laga usai, Edu mencuri bola dan memberikan ke Helmy yang tidak menyia-nyiakan kesempatan dengan tembakan rendah ke tiang kiri gawang sehingga tidak dapat dijangkau oleh Kike. Gol. 1-0 untuk CIA Amistad. Kedudukan ini tidak berubah hingga selesainya pertandingan.

Project Director Vamos Indonesia, Fanny Riawan yang melihat secara langsung pertandingan ini di Palencia, Spanyol menyatakan cukup puas dengan perkembangan tim vamos Indonesia. “Pertandingan yang sangat seru, jual beli serangan ala tiki taka Spanyol, sangat indah ditunjukkan kedua tim. Dan kemenangan ini diraih tidak mudah karena tim lawan juga bermain sangat bagus,” ujar Fanny.

Helmy Putra Damanik (asli putra balikpapan), tergabung dalam Proyek Vamos Indonesia, sejak september 2019. Proyek Vamos Indonesia ini dirancang untuk memberikan jam terbang spesial bagi anak-anak Indonesia yang bertalenta spesial, di Liga Pemuda Spanyol kasta tertinggi U19.

Saat ini ada 8 anak Indonesia tergabung dalam proyek ini, dan sudah 3 anak yang bermain resmi (dengan kartu ficha yg sudah dimiliki, termasuk oleh Helmy). Saat ini, kartu Ficha bagi 5 anak Indonesia lainnya akan menyusul keluar dan mereka juga akan segera bermain di liga pemuda Spanyol .

Minggu depan CIA Amistad akan bertandang ke markas Atletico Madrid, Sabtu 25 Januari pukul 13.00 waktu Spanyol. Semoga pertandingan tersebut bisa disiarkan melalui jaringan live streaming Atletico Madrid sehingga kita di tanah air bisa mengikuti jalannya pertandingan minggu ke-20 Liga U19, Division de Honor.