Vietnam Pantas ke Perempat Final Piala Asia 2019

Oleh Aning Jati pada 21 Jan 2019, 09:45 WIB
Vietnam

Bola.com, Dubai - Timnas Vietnam menyegel satu tempat di perempat final Piala Asia 2019. Kepastian itu setelah wakil Asia Tenggara itu mampu menaklukkan Yordania lewat adu penalti di fase 16 besar yang digelar di Al Maktoum Stadium, Dubai, Minggu malam WIB (20/1/2019).

Pelatih Timnas Vietnam, Park Hang-seo, menolak tim asuhannya dianggap menang karena keberuntungan semata, mengacu pada pertandingan yang harus diakhiri dengan adu penalti.

Park tanpa ragu menyebut Vietnam pantas lolos ke perempat final karena pemainnya memang bermain apik.

Pelatih asal Korea Selatan itu menegaskan Nguyen Cong Phuong dkk. bermain penuh determinasi sepanjang pertandingan. Terbukti, mereka mampu membalas gol Yordania untuk memaksakan skor imbang hingga 90 menit pertandingan.

Yordania unggul lebih dulu lewat gol Abdel-Rahman pada menit ke-39, namun Vietnam mengubah skor jadi 1-1 pada menit ke-51 melalui gol Nguyen Cong Phuong.

Timnas Vietnam memenangi adu penalti dengan skor 4-2. Terkait itu, Park menilai pemainnya melakukan eksekusi penalti dengan sempurna, kendati ada satu tendangan pemain gagal merobek gawang Yordania.

"Penalti hari ini sempurna, kecuali Minh Vuong. Itu pun, saya tetap merasa keputusan saya memilihnya jadi eksekutor tak salah," kata Park seusai pertandingan.

Park menambahkan Vietnam mampu membuktikan mereka bukan tim yang gemar bertahan di Piala Asia ini. Pernyataan itu sebagai bantahan terhadap analisis satu di antara media internasional yang menyebut Vietnam memeragakan permainan defensif di Piala Asia 2019.

 

2 of 2

Penalti Sempurna

"Ketika kami menganalisis permainan Yordania, kami tahu mereka kerap memainkan bola-bola panjang. Jadi, kami persiapkan antisipasinya. Kami juga menaikkan area pertahanan ketimbang biasanya, untuk mempermudah serangan balik," tutur asisten pelatih Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2002 itu.

"Kami telah membuktikan bisa menyerang. Saya selalu ingin pemain saya menunjukkan yang terbaik dari mereka di lapangan," imbuhnya.

Ini adalah kali kedua Vietnam lolos ke perempat final Piala Asia sejak 2007. 12 tahun lalu, the Golden Dragons mencapai fase sama ketika dilatih Alfred Riedl, namun ketika itu Piala Asia baru diikuti 16 tim peserta bukan 24 seperti edisi kali ini.

Di perempat final Piala Asia 2007 itu Timnas Vietnam kalah 0-2 dari Irak, sementara di Piala Asia 2019, mereka masih harus menanti lawan, yakni pemenang di antara duel Jepang kontra Arab Saudi.

Sumber: VFF

Lanjutkan Membaca ↓