Thailand Tak Malu Tersingkir dari Piala Asia 2019

Oleh Aning Jati pada 21 Jan 2019, 12:45 WIB
Timnas Thailand

Bola.com, Al Ain - Timnas Thailand harus mengubur ambisi melangkah lebih jauh di Piala Asia 2019. Wakil Asia Tenggara ini tersingkir di fase 16 besar lantaran kalah 1-2 dari China.

Dalam laga yang dimainkan di Hazza bin Zayed Stadium, Al Ain, Minggu malam WIB (20/1/2019), Timnas Thailand sempat unggul menit ke-31 lewat gol Supachai Jaided.

Namun, mereka gagal mempertahankan keunggulan itu setelah pada menit ke-67, Xiao Chi berhasil mengubah skor jadi 1-1 dan pada menit ke-71, Gao Lin membuat China berbalik unggul 2-1 lewat penalti.

Skor 2-1 untuk China bertahan sampai laga usai. Thailand pun tersingkir dan China melaju ke perempat final.

Seusai pertandingan, pelatih sementara Timnas Thailand, Sirisak Yodyadthai, angkat bicara.

"Sayang sekali kami tak bisa lolos ke 8 besar. Tapi, ini sudah terasa seperti bonus melihat bagaimana kami memulai turnamen ini," kata Sirisak.

"Sangat disesalkan memang, kami gagal mempertahankan keunggulan 1-0. Tapi, saya sangat bangga dengan pemain. Tak ada rasa malu karena kalah," lanjutnya.

Perjalanan Timnas Thailand di Piala Asia 2019 ibarat roller coaster. Pada partai pertama penyisihan Grup A, Chanathip Songkrasin dkk. secara mengejutkan kalah 1-4 dari India, yang berbuntut pemecatan pelatih ketika itu, Milovan Rajevac.

Asosiasi Sepak Bola Thailand (FAT) lantas sepakat mempromosikan Sirisak Yodyadthai, sang asisten pelatih, menggantikan Rajevac untuk sementara.

Di bawah arahan Sirisak, the War Elephants mampu meraih poin penuh pada laga kedua kontra Bahrain dengan kemenangan 1-0.

Mereka akhirnya menyegel tiket babak 16 besar dengan jadi runner-up grup setelah di laga ketiga melawan tuan rumah Uni Emirat Arab, bermain 1-1, dan di saat bersamaan India menyerah 0-1 dari Bahrain. 

Namun, seperti diketahui, Timnas Thailand akhirnya tersingkir karena tak mampu mengalahkan China. Hasil ini praktis membuat Vietnam jadi satu-satunya wakil Asia Tenggara yang masih tersisa di Piala Asia 2019.

Sumber: The Nation