VIDEO: 9 Ekspresi Wajah Jose Mourinho

Oleh Adreanus Titus pada 22 Jan 2019, 18:00 WIB

Bola.com, Jakarta Jose Mourinho setelah berpisah dengan Manchester United saat ini sedang mempertimbangkan pilihannya. Pelatih asal Portugal itu dipecat oleh Setan Merah bulan lalu setelah kalah 3-1 dari klub rival Liverpool.

Sejak meninggalkan Old Trafford, juara Liga Champions dua kali itu sedang tidak punya klub. Namun, ada banyak tim yang berminat untuk memakai jasanya.

Dalam karier Jose Mourinho sebagai manajer di setiap klub yang dia latih, ada satu kata yang cukup melekat yakni 'parkir bus'. Frasa tersebut merujuk pada taktik bertahan total yang biasa dilakukan oleh Mourinho ketika berjumpa dengan tim-tim besar.

Lantas, dari manakah asal usul istilah 'parkir bus' tersebut?

"Anda tahu kapan reputasi itu [parkir bus] mulai dikenal? Ketika saya menjadi juara bersama Real Madrid dengan meraih 100 poin dan mencetak 106 gol. Itu adalah rekor di sepak bola Spanyol," terang pria asal Portugal tersebut.

"Untuk bisa melakukan itu, artinya tim harus memenangi pertandingan sebanyak mungkin. Real Madrid mencetak rekor saat ditangani pelatih yang katanya doyan bertahan. Sebuah kebohongan yang diucapkan berulan-ulang tidak akan menutupi sebuah fakta," ujar Jose Mourinho menambahkan.

Bagaimana Ekspresi Wajah Jose Mourinho selama menjabat sebagai pelatih?