4 Pesepak Bola Top yang Diageni Ayah Kandungnya

Oleh Ario Yosia pada 23 Jan 2019, 12:01 WIB
Ayah Messi

Bola.com, Jakarta - Agen memainkan peran penting bagi pemain sepak bola saat menjalani karier internasionalnya. Dari negosiasi kontrak hingga mencarikan klub baru, agen punya pengaruh besar dalam karier para pemain. Oleh karena itu, sangat penting bagi pemain memiliki agen yang bagus.

Agen sekarang sudah menjadi elemen penting dalam sepakbola karena sebagian besar transfer hanya bisa terjadi melalui mereka. Bahkan, agen juga bisa membuat sang pemain mendapatkan gaji yang besar di klubnya.

Ada banyak agen yang punya reputasi besar seperti Jorge Mendes dan Mino Raiola. Namun, tidak sedikit pemain yang menunjuk anggota keluarganya sebagai agen mereka.

Berikut ini empat pesepak bola yang menunjuk ayah mereka sendiri untuk menjadi agen seperti dilansir Sportskeeda.

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini.

2 of 5

Neymar

Detik-Detik Kehadiran Neymar di Kantor Pengadilan atas Kasus Penggelapan Pajak
Neymar (tengah) dan ayahnya, Neymar Santos (kiri) mendapat pengawalan khusus saat tiba di kantor Pengadilan Spanyol, Madrid, Selasa (2/2/2016). Neymar diduga terlibat penggelapan pajak. (AFP/Javier Soriano)

Salah satu duo ayah dan anak yang paling terkenal adalah Neymar dan ayahnya. Neymar Santos Senior berperan besar dalam membawa Neymar dari Brasil ke Barcelona, dan juga memecahkan rekor transfer dunia untuk putranya dari Barcelona ke PSG pada 2017.

Neymar Sr sudah memberikan pengaruh besar dalam peningkatan karier Neymar sebagai pemain sepak bola. Neymar Sr juga membantu putranya menghadapi beberapa kasus di pengadilan juga.

Bahkan, Neymar Sr dulunya juga seorang pemain sepak bola profesional meski tidak terlalu sukses. Neymar Sr memainkan tahun-tahun terakhirnya di Mogi Das Cruzes, sebuah pinggiran kota industri yang luas yang terletak di pinggiran Sao Paulo ketika Neymar lahir.

Sebelumnya, Neymar menunjuk Wagner Ribeiro sebagai agennya sebelum sang ayah mulai mengurusi urusan putranya. Dia sekarang menjadi lebih populer setelah memutuskan untuk mengurusi urusan putranya di luar lapangan.

3 of 5

Juan Mata

Manchester United, Premier League, Swansea City
Pelatih Manchester United, Jose Mourinho memberikan masukan kepada Juan Mata saat melawan Swansea pada laga Premier League di Old Trafford, (31/3/2018). Manchester United menang 2-0. (Anthony Devlin/PA via AP)

Urusan di luar lapangan Juan Mata saat ini ditangani oleh sang ayah, Mata Sr.

Dia bertanggung jawab atas kepindahan putranya dari Valencia ke Chelsea pada awal karirnya, dan kemudian ke Manchester United. Perlu juga dicatat bahwa Mata pernah membela Real Madrid sebelum bermain bersama Valencia.

Juan Manuel Mata Rodriguez juga seorang pemain sepak bola profesional dan bermain sebagai pemain depan pada 1980-an dan awal 1990-an untuk kota kelahirannya Burgos CF. Dia kemudian menangani karier putranya sejak saat itu.

Mata akan segera menandatangani kontrak baru di Manchester United dan Mata Sr pasti punya peran besar di dalamnya.

4 of 5

Eden Hazard

Bate Borisov Vs Chelsea
Kekesalan bintang Chelsea, Eden Hazard usai gagal memanfaatkan peluang di laga lanjutan Grup L Liga Europa 2018/19 yang berlangsung di Stadion Borisov Arena (9/11). Chelsea menang 1-0 (AFP/Kirill Kudrayavsev)

Thierry Hazard belakangan ini sering berkomentar soal masa depan putranya di Chelsea. Hazard sangat santer dikaitkan Real Madrid, dan sang agen merupakan sosok yang sangat berpengaruh dalam rumor ini.

Eden Hazard sempat tidak punya agen untuk sebelum sang ayah mengisi peran tersebut. Carine dan Thierry Hazard, orang tua dari Eden Hazard, juga punya latar belakang sepakbola.

Thierry adalah pemain semi-profesional, yang bermain di lini tengah La Louviere, kota tempat Thorgan dan Eden dilahirkan. Sang ibu adalah penyerang papan atas selama enam tahun. Pasangan itu kemudian menjadi guru pendidikan jasmani.

Chelsea berusaha keras untuk mempertahankan Hazard dan Thierry Hazard pasti akan memainkan peran penting dalam menentukan masa depan sang pemain.

5 of 5

Lionel Messi

Lionel messi
Penyerang Barcelona, Lionel Messi (kanan) melihat ke arah luar di sela-sela pengadilan terkait dugaan penyalahgunaan pembayaran pajak. Messi datang bersama sang ayah, Jorge Horacio. (EPA/Alberto Estevez)

Lionel Messi adalah salah satu pemain sepak bola paling populer di dunia saat ini. Bintang Argentina itu sudah memenangkan hampir setiap penghargaan di level klub dan individu, dan ia masih dalam kondisi terbaik musim ini.

Lionel Messi sudah bersama raksasa Spanyol Barcelona sejak dia datang dari Argentina. Meski ia dikaitkan dengan sejumlah klub dalam sepanjang kariernya, Messi belum pernah meninggalkan klub masa kecilnya. Faktor utama yang mempengaruhi hal itu adalah sang ayah, Jorge Messi.

Jorge saat ini menjadi agen Lionel Messi dan bertanggung jawab dalam urusan kontrak sang anak dengan Barcelona. Messi sering mendapat masalah dengan pajak dan Jorge selalu memberikan dukungan kepadanya selama ini.

Meski Messi sangat tidak mungkin akan meninggalkan Barca, tetapi kepindahannya pasti akan melibatkan Jorge juga.

Sumber: Bola.net

Lanjutkan Membaca ↓