Sukses


5 Klub Jagoan Pemecah Rekor Transfer Pemain

Bola.com, Jakarta - Raksasa Ligue 1 PSG membuat gebrakan pada musim panas 2017 dengan merekrut Neymar dari Barcelona. Bintang Brasil itu ditebus dengan biaya yang mencapai 222 juta euro sehingga menjadikannya pemain termahal dunia yang baru.

Nilai transfer Neymar itu juga menjadikan PSG sebagai klub yang ke-25 yang memecahkan rekor transfer dunia saat mendatangkan pemain. Dengan demikian, sudah 48 kali rekor transfer dunia berhasil dipecahkan.

Dengan kekuatan finansial yang dimiliki oleh PSG, bukan tidak mungkin lagi kalau mereka akan memecahkan rekor transfer dunia lagi di masa depan. Bahkan mereka bisa melakukannya berulang kali seperti beberapa klub Eropa lainnya.

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini.

2 dari 6 halaman

Sunderland (4 Kali)

Percaya atau tidak, klub Inggris dengan rekor transfer terbanyak adalah Sunderland. Ya, Sunderland yang sama yang sekarang bermain di divisi ketiga sepakbola Inggris setelah terdegradasi secara beruntun.

Semua rekor transfer yang dicatatkan Sunderland terjadi pada atau sebelum 1950. Yang pertama adalah pada tahun 1904 ketika mereka membayar 520 pounds untuk Alf Common dari Sheffield United. Lucunya, pada tahun yang sama, Newcastle United memecahkan rekor Sunderland ketika mereka merekrut Andy McCombie dari Sunderland.

Rekor transfer The Black Cats lainnya adalah Warney Cresswell dengan nilai 5.500 pounds pada tahun 1922, Bob Kelly dengan nilai 6.500 pounds pada tahun 1925 dan Trevor Ford yang terkenal dengan harga 30.000 pounds pada tahun 1950.

3 dari 6 halaman

Juventus (4 Kali)

Dari tahun 1952 hingga 2000, rekor transfer dipecahkan 23 kali dan 18 dari transfer tersebut dilakukan oleh tujuh tim Italia yang berbeda. Juventus adalah salah satu klub itu dan rekor transfer pertama mereka adalah pada tahun 1957 ketika mereka merekrut pemain Argentina, Enrique Omar Sivori, dari River Plate seharga 93.000 pounds.

Pada tahun 1968, Juve menjadi klub pertama yang membayar setengah juta pounds untuk pemain sepak bola ketika mereka memboyong Pietro Anastasi. Rekor transfer The Old Lady berikutnya memakan waktu 22 tahun lebih ketika mereka merekrut legenda Italia, Roberto Baggio, sebesar 8 juta pounds.

Rekor transfer dunia terakhir Juventus terjadi dua tahun kemudian pada tahun 1992 ketika mereka membayar 12 juta pounds untuk Gianluca Vialli ke Sampdoria.

4 dari 6 halaman

AC Milan (4 Kali)

Rekor transfer pertama AC Milan terjadi pada tahun 1954 ketika mereka merekrut pemain depan Uruguay, Juan Schiaffino, dari Penarol seharga 72.000 pounds. Rekor transfer mereka berikutnya terjadi 33 tahun kemudian pada tahun 1987 ketika mereka mendatangkan Ruud Gullit dengan biaya 6 juta pounds dari PSV Eindhoven.

Pada 1992, sesuatu yang menarik terjadi. Juventus memecahkan rekor transfer saat mereka merekrut Roberto Baggio sebesar 8 juta pounds pada tahun 1990. Milan memecahkan rekor tersebut pada tahun 1992 dengan memboyong Jean-Pierre Papin sebesar 10 juta pounds.

Namun, pada tahun yang sama, Juventus merebut kembali rekor tersebut dengan mendatangkan Gianluca Vialli sebesar 12 juta pounds. Milan kemudian mengalahkan Juventus lagi di tahun yang sama ketika mereka menuntaskan transfer Gianluigi Lentini seharga 13 juta pounds dari Torino.

  

5 dari 6 halaman

Inter Milan (4 Kali)

Sama seperti Juventus dan AC Milan, Inter Milan juga telah memecahkan rekor transfer rekor dunia empat kali. Namun, Inter terakhir kali memecahkan rekor transfer pada tahun 1999.

Inter pertama kali memecahkan rekor transfer pada tahun 1961 ketika mereka merekrut pemain internasional Spanyol, Luis Suarez, dari Barcelona seharga 152.000 pounds. Rekor itu dipecahkan dua tahun kemudian oleh Roma tetapi Inter merebut kembali rekor tersebut pada tahun 1967 setelah mendatangkan Harald Nielsen dari Bologna dengan harga 300.000 pounds.

Rekor transfer Nerazzurri berikutnya terjadi tahun 1997 ketika mereka mendatangkan Ronaldo Nazario dari Barcelona dengan nilai 19,5 juta pounds. Menariknya, itu adalah rekor transfer kedua Ronaldo dan dia adalah satu dari dua pemain yang mencapai prestasi itu bersama dengan Diego Maradona.

Rekor transfer terbaru Inter terjadi pada tahun 1999 ketika mereka menuntaskan kepindahan Christian Vieri dari Lazio dengan harga 32 juta pounds.

6 dari 6 halaman

Real Madrid (5 Kali)

Klub yang paling sering memecahkan rekor transfer adalah Real Madrid. Yang menarik, kelima rekor transfer Real terjadi pada abad ke-21.

Pada tahun 2000, Lazio memecahkan rekor transfer ketika mereka merekrut Hernan Crespo seharga 35,5 juta pounds tetapi klub Italia itu hanya memegang rekor itu dalam waktu yang singkat karena Real menebus klausul rilis Luis Figo sebesar 37 juta pounds dan membawanya dari rival Barcelona.

Setahun setelah transfer Figo, Los Blancos memecahkan rekor transfer lagi ketika mereka memboyong Zinedine Zidane dengan harga 46,6 juta pounds. Sebelum transfer Diego Costa ke Atletico Madrid pada tahun 2018, biaya yang dibayarkan Real untuk Zidane adalah yang tertinggi untuk pemain berusia 29 tahun.

Pada 2009, Real memecahkan rekor transfer dua kali karena mereka melakukan perombakan skuat. Mereka merekrut dua pemenang Ballon d'Or pada musim panas itu, Ricardo Kaka menjadi pemain pertama yang tiba dengan nilai 56 juta pounds dari AC Milan diikuti oleh Cristiano Ronaldo dengan nilai 80 juta pounds dari Manchester United. Biaya yang dibayar Real untuk Ronaldo yang berusia 24 tahun lebih rendah daripada yang dibayar Juventus untuknya pada musim panas lalu.

Rekor transfer kelima Real adalah saat mendatangkan Gareth Bale pada 2013 dan pemain Wales itu memakan biaya sebesar 86 juta pounds.

Sumber: Bola.net

Video Populer

Foto Populer