Sukses


VIDEO: Highlights Piala Asia 2019, Vietnam Vs Jepang 0-1

Bola.com, Jakarta Kejutan Timnas Vietnam pada Piala Asia 2019 selesai. Mereka dikalahkan Timnas Jepang 0-1 pada laga perempat final di Al Maktoum Stadium, Kamis (21/1/2019).

Gol Ritsu Doan pada menit ke-57 menjadi biang petaka Vietnam pada partai ini. Dengan hasil tersebut, Golden Dragons gagal memperbaiki catatan 2007. Ketika juga mereka juga terhenti di delapan besar Piala Asia. 

Torehan terbaik terjadi pada 1956 dan 1960 ketika menduduki peringkat empat. Namun, saat itu turnamen hanya diikuti empat negara. 

Di sisi lain, Jepang akan menghadapi pemenang duel Tiongkok vs Iran pada semifinal. Asa menambah koleksi gelar pun terbuka. 

Jepang sudah mengoleksi empat titel Piala Asia pada 1992, 2000, 2004, dan 2011. Mereka unggul atas Iran (1968, 1972, 1976) dan Arab Saudi (1984, 1988, 1996)

Jepang menguasai pertandingan dengan Vietnam mengincar serangan balik hingga pertengahan babak pertama. Dalam pola tersebut, Maya Yoshida membawa Jepang di menit ke-23.

Namun, gol tersebut dibatalkan video assistant referre (VAR) karena sebelumnya terjadi handball. Hampir memimpin, Jepang meningkatkan serangan dan mendapat peluang lewat Takehiro Tomiyasu, Ritsu Doan, dan Genki Haraguchi.

Sementara Vietnam mengancam lewat Phan Van Duc. Tapi, tidak ada yang berbuah gol.

Kondisi tidak banyak berubah di babak kedua. Wataru Endo mengancam gawang Vietnam. Sampai akhirnya tekanan itu berbuah pelanggaran Do Hung Dung terhadap Ritsu Doan di area terlarang yang tertangkap VAR. Ritsu Doan yang mengambil tanggung jawab pun menunaikan tugasnya dengan baik.

Dalam keadaan tertinggal, Vietnam tetap kesulitan mengancam Jepang. Kesempatan terbaik datang dari Nguyen Phong Hong Duy dan Nguyen Cong Phưong. 

Sedangkan Jepang berusaha memastikan kemenangan melalui Takumi Minamino. Meski terus berusaha, Vietnam gagal mendapat gol yang mereka butuhkan. 

Video Populer

Foto Populer